DSC03218 copy

“Usamah bin Zaid radhiyallahu ‘anhuma, pada umurnya yang baru menginjak 18 tahun telah diangkat oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai panglima perang melawan pasukan Romawi”, demikian kutipan kalimat yang disampaikan oleh Ustadz Muhammad Ikhwan Abdul Jalil, Lc. pada Seminar Kepemudaan yang digelar di gedung Pascasarjana Lantai 5 Universitas Negeri Makassar, Sabtu 8 Maret 2014 pagi hari hingga menjelang Zhuhur.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh lembaga dakwah bernama Study Club Raudhatun Ni’mah Fakultas Ilmu Pendidikan atau disingkat SCRN FIP UNM ini bertajuk “Seminar Kepemudaan, Generasi Harapan” dan diikuti oleh 500 lebih peserta dari berbagai universitas di Makassar. Bertindak sebagai keynote speaker adalah rektor UNM sendiri Bapak Prof. Dr. H. Arismunandar, M.Pd.

Narasumber pertama pada kegiatan ini adalah Bapak Syamsu Rizal MI, S.Sos., M.Si. yang merupakan Wakil Wali Kota Makassar terpilih periode 2014-2019. Narasumber yang masih merupakan pengurus ICMI Pusat ini membawakan materi dengan tema “Pemuda Harapan”.

“Sosok Pemuda dalam Kebangkitan Islam” dipaparkan oleh narasumber kedua, Ustadz Muhammad Ikhwan Abd. Jalil, Lc. dosen Prodi Perbandingan Madzhab dan Hukum (PMH) STIBA Makassar bidang studi Aqidah.  Dalam materinya, ustadz yang juga menjabat sebagai Sekretaris MUI Makassar ini memaparkan bagaimana membentuk karakter islami pada diri para pemuda dengan dua kunci, yaitu pendidikan al-Qur’an dan Iman. Dan hal tersebut hanya bisa diterapkan dengan bercontoh pada pendidikan karakter islami dari Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan pengumuman juara lomba pada Islamic Education Fair (IEF 2014) yang merupakan rangkaian dsri semarak kegiatan Muktamar SCRN FIP UNM XIV yang akan diselenggarakan di Soppeng 14-16 Maret 2014 mendatang. (IA)

Loading

Tinggalkan Balasan