mutiara hikmahBertempat di Masjid Raya Pangkajene, DPD Wahdah Islamiyah menggelar Daurah Ramadhan dengan tema “Ramadhan Terakhir??” Sabtu, (23 Sya’ban 1435 H/21/07/2014) dengan menghadirkan beberapa dosen Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar dan dibuka oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Sidrap, seperti dilansir wahdahsidrap.com

Diawali dengan sepatah kata oleh ketua DPD Wahdah Islamiyah Sidrap, Ustadz Lukman Ambo Tuo, S,Pd.I, Lc menyampaikan bahwa “Daurah Ramadhan” ini adalah program kerja dari Departemen Dakwah Wahdah Islamiyah Sidrap yang setiap tahunnya digelar sebelum Ramadhan. Dengan tujuan mengajak masyarakat Sidrap menyiapkan diri menyambut Ramadhan dengan Ilmu syar’i. Beliau juga menyampaikan beberapa  program-program kerja masing-masing Departemen yang berjalan di DPD Wahdah Islamiyah Sidrap.

Ketua MUI Sidrap rencana terapkan program Wahdah Islamiyah di MUI Sidrap

 Selanjutnya kata sambutan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sidrap, K.H. Fatahuddin Sukkara, Lc. berharap ke depan dengan adanya Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan terbentuknya kepengurusan MUI periode 2014 s.d 2019 di Kabupaten Sidenreng Rappang bisa menjadi wadah untuk mempersatukan Ormas atupun lembaga-lembaga dakwah yang ada di Kabupaten Sidrap dibuktikan dengan masuknya beberapa ormas atupun lembaga-lembaga dakwah termasuk beberapa pengurus Wahdah Islamiyah Sidrap.

Ketua MUI Kab. Sidrap juga berharap program-program kerja yang ada di Ormas Wahdah Islamiyah Sidrap bisa dijadikan Program Kerja pada MUI Kab. Sidrap ataupun ormas lain yang ada di Kabupaten Sidrap.

Selanjutnya acara inti, Daurah Ramadhan materi pertama dibawakan oleh Pembantu Ketua III STIBA Makassar Ustadz Ir. Muhammad Taufan Djafri, Lc., M.H.I. dengan materi “Menata Hati Menyambut Ramadhan nan Suci” sampai pukul 11.30.

Bakda shalat Dhuhur, daurah dilanjutkan materi kedua, “Ibadah sepenuh Hati, meraih Syurga tertinggi” yang dibawakan oleh Ketua STIBA Makassar Ustadz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A. yang membahas hukum-hukum dan syarat-syarat puasa serta ibadah-ibadah yang lainnya dalam bulan Ramadhan. Dan terakhir oleh salah seorang dosen STIBA Makassar Ustadz Harman Tajang, Lc., M.H.I dengan materi “Ketika Ramadhan akan Kuakhiri” membahas 10 hari terakhir bulan Ramadhan yang di dalamya ada I’tikaf, Lailatul Qadri serta pembahasan Zakat Fitrah.

Setiap materi diakhiri dengan tanya jawab, peserta bertanya kemudian ustadz menjawab dan sebaliknya. Untuk pertanyaan dari ustadz yang dijawab dengan benar mendapatkan hadiah dari panitia

 

Tinggalkan Balasan