IMG-20140923-WA0003

Berlalunya bulan Ramadhan tidak membuat seorang muslim untuk berhenti beribadah dan melakukan kebaikan-kebaikan. Meski masih dalam suasana liburan, yang mana orang-orang pada umumnya menghabiskan waktunya dengan hal-hal kurang atau tidak bermanfaat, bahkan mungkin ada yang melakukan hal-hal yang menjurus kepada kemaksiatan. Berbeda dengan sebagian dari mahasiswi STIBA, mereka betul-betul memanfaatkan waktu libur dengan sesuatu yang bermanfaat bahkan hal tersebut merupakan suatu kemuliaan sebagaimana telah kita ketahui bersama keutamaannya. Kegiatan tersebut adalah “DAURAH SEBULAN MENGHAFAL AL QUR’AN” dengan tema “MELEJITKAN KEIMANAN DENGAN MENGHAFAL ALQUR’AN”. RAUDHATUL HUFFAZH STIBA PUTRI mengadakan kegiatan ini dengan harapan dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta mencari ridho Allah Subhanahu wa Ta’ala dan dapat menyesaikan hafalan 30 juz serta menjadi wadah pencetak generasi qur’ani.
Kegiatan ini merupakan daurah menghafal al-Qur’an perdana yang dilaksanakan oleh mahasiswi STIBA, dan merupakan program yang sudah lama direncanakan oleh Raudhatul Huffazh STIBA Putri, dan pelaksanaannya di kampus STIBA PUTRI dan diikuti oleh para mahasiswi STIBA yang berjumlah 30 orang, baik dari Prodi Perbandingan Madzhab dan Hukum maupun Persiapan Bahasa. Sebagai muhaffizhah 6 orang dari civitas akademika STIBA dan panitia berjumlah 12 orang.
Kegiatan ini mempunyai beberapa rangkaian kegiatan yang dimulai dengan pembukaan acara, karantina, dan penutupan. Pembukaannya itu sendiri telah dilaksanakan pada tanggal 31 Juli yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan proses karantina yang berakhir pada tanggal 31 Agustus 2014 yaitu inti dari kegiatan ini. Dalam kegiatan ini para peserta tidak hanya menghafal (menambah hafalan baru) tapi ada juga agenda muraja’ah, di mana para peserta setiap harinya selama 30 hari tersebut mereka menghafal dan muraja’ah hafalan karena dua hal tersebut harus berjalan bersamaan untuk lebih memantapkan hafalan para peserta. Alhamdulillah selama 30 hari kegiatan ini berjalan lancar, kendala-kendala yang muncul tidak mengurangi dan menggetarkan semangat para peserta.
Di penghujung kegiatan alhmadulillah telah berhasil menyelesaikan atau menghatamkan hafalannya selama 30 hari sebanyak 7 orang. Kegiatan ini memberikan kesan tersendiri yang sangat berharga bagi para peserta terlebih yang telah berhasil menyelesaikan maupun yang belum.
Beberapa untaian kata dari salah seorang peserta yang berhasil menyelesaikan hafalan, “Bersama al-Qur’an adalah nikmat yang luar biasa dan penuh keberkahan. 1 bulan menghafal Alqur’an merupakan bulan yang berbeda dengan bulan-bulan yang telah berlalu sebelumnya. Menghafal Al Qur’an mempunyai kesan tersendiri, penuh suka dan duka. 30 hari itu yang mungkin menjadi sesuatu yang mustahil untuk menyelesaikan tapi dengan mujahadah yang besar dan doa dalam 30 hari, alhamdulillah bisa selesai 30 juz. Hal ini juga tidak lepas dari peran dan kerjasama jamaah yang saling menyemangati tatkala rasa jenuh menghadang. Itulah hikmah dalam berjamaah”.
Semoga kegiatan ini bisa menjadi kegiatan rutin tahunan bagi mahasiswi STIBA dan lebih meningkatkan keinginan para mahasiwi untuk khatam menghafal Al Qur’an. Dengan harapan Al Qur’an bukan hanya sekadar dibaca dan dihafal akan tetapi bisa menjadi ruh dan diaplikasikan dalam kehidapan sehari-hari, sehingga terwujud pribadi-pribadi qur’ani. (dm)

Loading

Tinggalkan Balasan