gedung

Awal semester genap T.A. 1435/1436 H,  kampus STIBA Putri kembali mendapat kunjungan tamu luar negeri. Tepat setelah  Kuliah Perdana STIBA Makassar,  pada Selasa, 06 Rabiul Akhir 1436 H/27 Januari 2015 M digelar acara Muhadharah ‘Ammah oleh Ustadzah Aminah binti Muhammad Al-Qutsamy.

Acara dimulai pukul 09.00, dibuka dengan hizhul Qur’an dari salah seorang mahasiswi alumni Daurah Sebulan Menghafal Al Qur’an STIBA. Dilanjutkan dengan pembahasan materi “As-syukru wa As-Shabru” untuk sesi qabla Zhuhur dan materi “Ishlahul Qulub” pada bakda Zhuhur.

Dalam materinya yang pertama, Alumni Universitas Ummul Qura ini mengatakan, “Syukur dan sabar saling berkaitan. Kesabaran membuahkan kesyukuran dan kesyukuran tidak akan ada tanpa kesabaran. Dalam hidup ini Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberikan nikmat yang begitu banyak. Dalam nikmat ini dibutuhkan dua perkara yaitu syukur dan sabar. Ketika nikmat itu ada  di tangan kita bisa mensyukurinya dengan mengatakan “Alhamdulillah” namun bagaimana kita bersabar atas itu??? Salah satu mahasiswi menjawab “Hendaknya kita bersabar untuk tidak menggunakan nikmat tersebut dalam  kemaksiatan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. ..”

Mumtaaz!” kata Ustadzah yang sekarang ini menjabat sebagai Musyrifah ‘Ammah ‘ala Markaz Daar al-Arqam lil Istisyaaraat at Tarbawiyah wa at Ta’liimiyah wa al Usriyah (General Supervisor of Dar al-Arqam for Educational and Family Consultations) di Makkah al-Mukarramah. Lalu beliau menyebutkan bahwa kesabaran terbagi atas tiga: Sabar dalam menjalankan perintah Allah, sabar untuk tidak bermaksiat kepada Allah, dan sabar atas takdir dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.”

Setelah materi pertama, beliau menyempatkan diri meninjau berbagai fasilitas kampus dan asrama yang dikhususkan bagi mahasiswi ini. Beliau juga menitip pesan kepada para muhsinin yang telah terlibat dalam pembangunan kampus baru tersebut untuk menyempurnakan amal baik tersebut.

Pada jam istirahat setelah shalat dan makan siang, acara diisi berbagai persembahan dari para mahasisiwi yang semakin menambah kesan acara tersebut, dari hifzhul mutun sampai nasyid.

Dan tepat pukul 14.15, muhadharah dilanjutkan dengan materi “Ishlahul Qulub”. Beliau memulainya dengan menyebutkan hadits “…. Di dalam tubuh ada segumpal daging, jika dia baik maka akan baik seluruh tubuh, dan jika ia rusak maka akan rusak seluruhnya..” (HR.Muslim)

Dalam materi ini beliau menyebutkan beberapa hal yang dapat membantu seseorang hamba dalam memperbaiki hatinya, antara lain: Khalwah masyru’ah  (bersendiri untuk berzikir dan muhasabah, bukan menjauh dari masyarakat), muraqabatullah (perasaan selalu diawasi oleh Allah) dan malu kepada Allah yang mendorong untuk meninggalkan maksiat.

Di akhir muhadarahnya beliau mengingatkan bahwa sesungguhnya menyibukkan diri untuk memperbaiki kondisi hati adalah jalan para pendahulu umat ini, akan tetapi hal tersebut luput dari kebanyakan kita, maka hendaklah kita bersegera memperbaikinya.

Acara Muhadharah ‘Ammah ditutup dengan hifzhul Qur’an, oleh Ketua  Raudhatul Huffazh STIBA,UKM yang dibentuk khusus untuk melahirkan penghafal-penghafal Al Quran dengan basic ilmu syar’i yang mumpuni. (ns).

aminah

Loading

Tinggalkan Balasan