whatsapp-860x450

 عن أَبِي بَكْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَلَا أُنَبِّئُكُمْ بِأَكْبَرِ الْكَبَائِرِ؟ قُلْنَا: بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ، قَالَ ثلاثا: الْإِشْرَاكُ بِاللَّهِ وَعُقُوقُ الْوَالِدَيْنِ، وَكَانَ مُتَّكِئًا فَجَلَسَ، فَقَالَ: أَلَا وَقَوْلُ الزُّورِ وَشَهَادَةُ الزُّورِ أَلَا وَقَوْلُ الزُّورِ وَشَهَادَةُ الزُّورِ. فَمَا زَالَ يَقُولُهَا حَتَّى قُلْتُ: لَا يَسْكُتُ

7/5976. Dari Abu Bakrah radliallahu ‘anhu dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Maukah aku beritahukan kepada kalian sesuatu yang termasuk dari dosa besar?” Kami menjawab, “Tentu wahai Rasulullah.” Beliau mengulanginya tiga kali seraya bersabda, “Menyekutukan Allah dan mendurhakai kedua orang tua.” Ketika itu beliau tengah bersandar, kemudian duduk lalu melanjutkan sabdanya, “Perkataan dusta dan kesaksian palsu, perkataan dusta dan kesaksian palsu.” Beliau terus saja mengulanginya hingga saya mengira (khawatir) beliau tidak akan diam.”

 

Kesimpulan dan Pelajaran:

1⃣ Di antara metode taklim yang diajarkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam adalah menghadirkan perhatian dan kesiapan pendengar sebelum menyampaikan sesuatu kepada mereka.

2⃣ Semangat dan antusias besar yang dimiliki oleh para sahabat radhiyallahu anhum dalam mengambil dan menerima ilmu dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

3⃣ Pentingnya mengetahui perbuatan yang termasuk dosa sebagaimana mengetahui kebaikan. Kebaikan diketahui untuk diamalkan dan dilaksanakan adapun dosa diketahui untuk dijauhi dan ditinggalkan.

4⃣ Dosa terbagi menjadi tiga tingkatan; dosa terbesar, dosa besar dan dosa kecil.

5⃣ Disunnahkannya mengulangi perkataan 3x untuk penekanan akan pentingnya dan agar lebih dipahami dengan baik.

6⃣ Mempersekutukan Allah Azza wa Jalla adalah dosa terbesar.

7⃣ Durhaka kepada orang tua adalah dosa terbesar setelah syirik.

8⃣ Perkataan dusta dan persaksian palsu termasuk di antara dosa terbesar.

9⃣ Mengubah posisi tubuh di antara metode pengajaran Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

? Besarnya rasa cinta dan sayang para sahabat di antaranya Abu Bakrah radhiyallahu anhu kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, di mana mereka kadang iba dan kasihan kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam ketika beliau harus mengulang-ulangi sabdanya karena itu akan menyulitkan dan meletihkan beliau.

 

 Hadits Kedelapan

عن أَنَس بْن مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: ذَكَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْكَبَائِرَ أَوْ سُئِلَ عَنْ الْكَبَائِرِ، فَقَالَ: الشِّرْكُ بِاللَّهِ وَقَتْلُ النَّفْسِ وَعُقُوقُ الْوَالِدَيْنِ، فَقَالَ: أَلَا أُنَبِّئُكُمْ بِأَكْبَرِ الْكَبَائِرِ؟ قَالَ: قَوْلُ الزُّورِ أَوْ قَالَ شَهَادَةُ الزُّورِ

Dari Anas bin Malik radliallahu ‘anhu berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan tentang dosa besar atau beliau ditanya tentang dosa besar, lalu beliau menjawab, “Menyekutukan Allah, membunuh jiwa dan durhaka kepada kedua orang tua.” Lalu beliau bersabda, “Maukah aku beritahukan kepada kalian yang termasuk dari dosa besar?” Beliau bersabda, “Perkataan dusta,” atau beliau bersabda, “Kesaksian palsu.”

Kesimpulan dan Pelajaran:
1⃣ Seorang alim senantiasa menyebarkan ilmunya, baik ketika ditanya maupun tanpa diminta sebelumnya.
2⃣ Kehati-hatian seorang perawi dalam meriwayatkan hadits di mana ketika ada keraguan terhadap lafazh yang didengarkannya maka dia menyebutkan kedua kemungkinan tersebut.
3⃣ Disyariatkannya bertanya atau mengetahui dosa-dosa besar.
4⃣ Perlunya seorang alim atau dai mengingatkan umat akan bahaya dosa-dosa besar.
5⃣ Hikmah yang harus dimiliki oleh seorang alim dan dai di mana terkadang dia ditanya tentang masalah yang sama namun menjawab dengan contoh yang berbeda tergantung keadaan dan kebutuhan penanya.
6⃣ Membunuh jiwa tanpa alasan yang dibenarkan syariat termasuk dosa besar di samping syirik dan durhaka kepada kedua orang tua.
7⃣ Dosa terbagi 3: Terbesar, besar dan dosa kecil.
8⃣ Disunnahkannya menyampaikan pengantar untuk menarik perhatian pendengar sebelum menyampaikan atau mengajarkan sesuatu.
9⃣ Perkataan dusta dan persaksian palsu termasuk dosa terbesar.
10. Suatu dosa  walaupun bukan yang terbesar namun kadang diberi penekanan lebih jika ada fenomena dianggap remeh atau dosa tersebut menyebar luas pada waktu dan tempat tertentu atau karena dampak yang diakibatkannya besar. Perkataan dusta dan persaksian palsu tidak lebih besar dosanya dari kesyirikan akan tetapi dalam hadits ini lebih ditekankan karena beberapa sebab tadi, Wallohu a’lam.

Muhammad Yusran Anshar, Lc, M.A. -hafizhahullah-
Sumber: Grup Whatsapp Belajar Islam Intensif

Registrasi BI
Daftar: BII#NAMA#ASAL
@+6285255956156 (ikhwah)
@+628984301733 (akhwat)

 

Loading

Tinggalkan Balasan