As2egZl4IMjz1ZTB1nAIZDcPOhKzbyDcsR3nwLxLGX5h

Jumat-Ahad, 28-30 Rabiul Awal 1437 H/8-10 Januari 2016 baru-baru ini, keluarga besar civitas akademika STIBA Makassar menyelenggarakan rihlah bersama sekaligus haflah ikhtitam atau kuliah penutupan semester ganjil di Kab. Bantaeng, Sulawesi Selatan. Kegiatan rihlah kali ini sangat berbeda dibandingkan dengan rihlah yang biasa mahasiswa STIBA lakukan. Jika biasanya rihlah diselenggarakan dalam kelompok kecil baik kelas maupun halaqah tarbiyah, rihlah kali ini diikuti hampir seluruh mahasiswa putra yang berjumlah tidak kurang dari 400 orang dan juga sebagian asatidz, staf beserta keluarga.

Agenda rihlah ini menjadi acara yang ditunggu-tunggu mahasiswa setelah dua pekan berkutat menghadapi ujian akhir semester yang cukup berat. Bertolak dari kampus STIBA pada Jumat bakda shalat Ashar, perjalanan ke Bantaeng yang memakan waktu sekira 5 jam, ditempuh dengan mengendarai 10 truk militer, 1 unit bus untuk para dosen dan pengelola beserta keluarga, beberapa mobil dosen dan sebagian mahasiswa yang memilih berkendara dengan motornya. Sungguh sebuah perjalanan yang berkesan terutama bagi mahasiswa yang baru pertama mengendarai truk bersesak-sesakan.

Bantaeng menjadi tujuan rihlah bersama, selain karena keinginan untuk melihat secara langsung prestasi-prestasi yang telah diraih kota ini, STIBA juga diundang oleh Bupati Bantaeng melalui salah seorang kawan dekatnya yaitu Prof. Dr. Ahmad Munir yang saat ini menjadi mahasiswa kelas sore di STIBA. Bupati Bantaeng menyatakan siap menjadi tuan rumah rihlah STIBA ke Bantaeng. Tidak tanggung-tanggung, Pemkab Bantaeng menyiapkan fasilitas akomodasi yang cukup memadai bagi 400-an mahasiswa STIBA. Selain itu, dua kamar di rumah jabatan untuk Ketua STIBA dan Ustadz Muhammad Zaitun Rasmin.

Mahasiswa STIBA Makassar ditempatkan di rusunawa yang berlokasi tak jauh dari pelabuhan Bantaeng. Selain itu Pemkab Bantaeng juga menggratiskan tiket masuk ke tempat wisata pemandian Eremerasa dan Pantai Marina. Dan puncaknya pada Sabtu malam, diadakan Kuliah Umum atau Haflah Ikhtitam Semester Ganjil TA. 1436—1437 H/2015—2016 M di Alun-Alun Pantai Seruni. Kegiatan ini difasilitasi penuh oleh Pemkab. Bantaeng. Selain dihadiri sivitas akademika STIBA Makassar, acara malam itu juga dihadiri oleh Bupati Bantaeng beserta jajarannya, Ketua DPRD dan beberapa anggota DPRD Kab. Bantaeng. [habib/infokom BEM STIBA].

truk1 erem serutnitruk6truk5truk4truk2

Loading

Tinggalkan Balasan