Ap1ziO-IBNdj-wnzY1tCGwvBSZbZCF0QVRg8WrXqjekz

Makassar – Departemen Dakwah BEM STIBA mengadakan tarbiyah gabungan (TARGAB) dan mabit di masjid Anas bin Malik pada Jumat, 9 Jumadal Akhirah 1437 H/8 Maret 2016 M. Targab dan mabit kali ini menghadirkan Ustadz Ir. Muhammad Qasim Saguni, M.A. sebagai pemateri. Acara yang bertemakan “Tarbiyah Muntijah” ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa dari 43 halaqah tarbiyah, baik mahasiswa yang diasramakan maupun yang tinggal di luar kampus.

Acara Targab diawali dengan tahsinul qira’ah, yaitu saling memperbaiki bacaan Al-Qur’an, murajaah hafalan dan lain-lain. Ini dilakukan untuk mengevaluasi kegiatan tarbiyah pekanan yang dilakukan secara rutin.

Ustadz Qasim dalam materinya mengungkapkan bahwa salah satu tujuan tarbiyah adalah sebagai mesin pencetak kader. Ia juga menyampaikan di antara unsur-unsur penting menjadikan tarbiyah sebagai mesin pencetak kader adalah adanya mutarabbi-mutarabbi yang memiliki sifat seorang mutarabbi yang sukses yaitu: memiliki akhlaq yang baik, punya cita-cita masuk surga dan bebas dari neraka, paham tujuan tarbiyah, mujahadah dan sabar.

Abdullah K. Daud selaku Ketua Departemen Dakwah BEM STIBA mengatakan, “Targab ini berguna untuk mengumpulkan semua kelompok-kelompok kecil menjadi satu kelompok besar dan sebagai sarana menguatkan persaudaraan”. Ia berharap dengan TARGAB ini bisa memotivasi para mahasiswa mengikuti tarbiyah secara rutin.

Sementara  Adil Wakil Ketua BEM STIBA T.A. 2015-2016 M menilai TARGAB kali ini lebih baik dari sebelum-sebelumnya karena berjalan sesuai agenda yang direncanakan. Di dalamnya ada sambutan dari bagian kemahasiswaan, materi, kuis, pembacaan kisah salaf,  shalat tahajjud berjamaah dan ditutup dengan nasihat dari ketua STIBA setelah shalat Subuh. (Farid/INFOKOM BEM).

Loading

Tinggalkan Balasan