IMG-20170507-WA013

STIBA.ac.id – Dalam rangka mendukung dan menambah wawasan serta pengetahuan sivitas akademika STIBA Makassar tentang pembuatan karya tulis ilmiah, Program Studi Perbandingan Mazhab dan Hukum, Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar Menyelenggrakan Workshop Penulisan Karya ilmiah. Workshop yang diselenggarakan pada hari Ahad (7/5/2017) ini diikuti oleh mahasiswa dan pengelola.

Acara yang dimulia pada pukul 08.00 menghadirkan dua orang pemateri yang berasal dari internal Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar, yaitu Kasman Bakry, S.H.I., M.H.I. yang merupakan Pembantu Ketua I (PK I) STIBA Makssar dan Sofyan Nur, Lc., M.Ag. selaku Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) STIBA Makassar.

Dalam pemaparannya, Ustadz Kasman Bakry menyampaikan hal-hal teknis atau petunjuk teknis yang berkaitan dengan penulisan karya ilmiah,  di antaranya pedoman transliterasi yang digunakan pada penulisan karya ilmiah harus sesuai dengan SKB Menteri Agama dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 158 Tahun 1987 dan No. 0543 b/u/1987.

Materi kedua oleh Ustadz Sofyan Nur,Lc., M.Ag. memaparkan tentang metode penulisan karya ilmiah yang meliputi materi pokok mulai dari latar belakang masalah sampai pada kerangka isi penelitian (outline). Ustadz Sofyan menekankan akan pentingnya keaslian sebuah karya ilmiah. Yang dimaksud dengan keaslian adalah karya ilmiah yang dibuat memang benar-benar baru, bukan merupakan pengulangan yang sudah pernah dilakukan dan bukan dari hasil plagiasi (menjiplak).

“Seorang peniliti seharusnya memerhatikan kaidah-kaidah dalam penulisan karya ilmiah,” lanjut jebolan Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin yang baru saja diwisuda April yang lalu.

Aacara yang diselenggarakan di Gedung Aisyah, Kampus Putri STIBA Makassar ini berakhir pada pukul 15:30 WITa.

Loading

Tinggalkan Balasan