(STIBA.ac.id) Makassar –  Dari tanggal 25 Juli 2018 sampai 26 Agustus 2018, LAZIS Wahdah bekerjasama dengan Lembaga Tahfizhul Qur’an Wahdah Islamiyah (LTQ WI) mengadakan kegiatan “Daurah Sanad Qira’ah dan Tajwid” dengan tema “ Satu bulan bersama Ahli Qira’at Timur Tengah” di Baitul Halaqah (Jl. Kedokteran, Komp. Unhas Antang). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru-guru Tahfizhul Qur’an. Kegiatan ini berhasil memberikan sanad Imam Ashim dengan dua riwayat (Imam Syu’bah dan Imam Hafsh) kepada enam orang peserta dan sanad Samai dengan enam matan tajwid kepada 39 orang.

Seperti dilansir di laman Wahdah, penguji dan pemateri dari daurah ini adalah Syekh Amir Adil Mabrouk Al-Dieb. Beliau adalah pemegang sanad qira’at Asyarah Kubra dan Shugra dan sanad matan-matan ilmu tajwid dan muwatta’ Imam Malik. Syekh asal mesir ini adalah pembina Isnad di Fakultas Al-Qur’an Universitas Islam Madinah dan kandidat Doktor di Fakultas Al-Qur’an di universitas yang sama.

Terkait dengan daurah qira’at (hafalan Al-Qur’an), setelah mengikuti ujian dan daurah kurang lebih selama sebulan, enam asatidzah berhasil mendapatkan sanad Imam Ashim. Dua di antaranya adalah dosen STIBA Makassar, yaitu Ustaz Siswandi Safari, S.Pd.I dan Ustaz Gampang Dadiyono, Lc. Sementara dua lainnya adalah alumni STIBA Makassar, yaitu  Ustadz Marhali Abdurrahman, S.Pd.I. dan Ustadzah Mardhatillah, SH.

Syekh Amir juga melakukan kunjungan ke pesantren-pesantren Tahfizhul Qur’an di Makassar. Di STIBA Makassar,  Syekh menjadi narasumber daurah tajwid untuk civitas academica STIBA Makassar.

Loading

Tinggalkan Balasan