(STIBA.ac.id) Makassar –  Sebanyak 252 mahasiswa yang terdiri dari 125 ikhwan dan 127 akhwat mengikuti acara pelepasan mahasiswa KKN Gelombang II STIBA Makassar,  Senin (14/1/2019) di Masjid Anas bin Malik.

Ke-252 mahasiswa ini akan ditugaskan di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Mariso Kota Makassar, Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa, dan Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros.

Di samping ketiga kecamatan tersebut, sejumlah mahasiswa KKN juga diutus ke sejumlah daerah yang jauh, seperti Palu, Kalimantan Barat, NTT, Jawa Barat, dan Papua.

Acara pelesapasan ini dihadiri oleh Ketua STIBA Makassar Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D., Wakil Ketua I Bidang Akademik Ustaz Kasman Bakry, S.H.I., M.H.I., dan Kepala BAK Ustaz Ahmad Syaripudin, S.Pd.I., M.Pd.I.

Saat memberikan tausiah kepada para mahasiswa KKN, Ustaz Yusran berharap agar mahasiswa dapat mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dari materi-materi pembekalan yang telah disampaikan selama daurah.

Menurut Ustaz Yusran, pelepasan para dai merupakan hal yang disyariatkan. “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melepas Abu Musa al-Asy’ari ketika akan diutus ke Yaman. Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu juga melepas pasukan yang dipimpin Usamah bin Zaid saat akan diberangkatkan untuk menghadapi pasukan Romawi,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan pelajaran-pelajaran dari ayat-ayat jihad dalam surah at-Taubah. Ayat-ayat tersebut menjelaskan pentingnya untuk ikut serta dalam perjuangan dan bahaya lari dari perjuangan.

“Belajar ilmu agama bisa menjadi alasan untuk tidak ikut jihad. Tapi, ada kewajiban di baliknya, yaitu untuk berkhidmat dan berkontribusi kepada manusia. Sekaranglah waktunya untuk berkontribusi, sebelum melalui masa di mana perjuangan sesungguhnya hingga datang panggilan Allah,” tegasnya.

Ketika menjelaskan makna sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, saat ditanya tentang siapa orang terbaik di mana salah satunya adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain, Ketua Dewan Syariah Wahdah Islamiyah ini mengatakan bahwa hakikat kriteria terbaik bukanlah nilai akademik. Akan tetapi, yang mempunyai jiwa kader militan dan berhasil ketika berkhidmat kepada umat.

Ustaz Yusran juga berpesan agar para mahasiswa KKN dalam bermuamalah dengan masyarakat mengedepankan ilmu, akhlak, dan berkhidmat kepada masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Ustaz Yusran menyampaikan pesan-pesan Rasullullah shallallahu ‘alaihi wasallam kepada Muadz bin Jabal dan Abu Darda radhiyallahu ‘anhuma agar senantiasa bertakwa kepada Allah di manapun berada.

“Ketika jatuh dalam kesalahan segera bangkit dengan melakukan kebaikan, berakhlak dengan akhlak terbaik kepada manusia. Biasakan untuk bertutur baik. Pelajari urf (kebiasaan) mereka dengan tetap menjaga batasan-batasan syariat,” ujar Ustaz Yusran.

Ia juga mengutip pesan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kepada Muadz bin Jabal dan Abu Musa radhiyallahu ‘anhuma agar menyampaikan kabar gembira kepada masyarakat bukan menakut-nakuti. Memberi kemudahan dan bukan malah mempersulit umat.

Di akhir sambutannya, ketua STIBA Makassar dua periode ini mengimbau para mahasiswa KKN agar tetap fokus KKN tapi tidak lupa menyelesaikan skripsi mereka.

Loading

Tinggalkan Balasan