(STIBA.ac.id) Makassar –  Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STIBA Makassar, Dr. Khaerul Akbar, M.E.I. menjadi pembicara dalam Madani Islamic Forum (MIF). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Madani Institute (Center for Islamic Studies) dengan pembahasan Perbandingan Sistem Ekonomi Islam dan Barat, bertempat di Aula Lantai 3 Rabbani Boleuvard Makassar, Sabtu (14/7/19).

Khaerul Akbar merupakan alumni Program Doktor Ekonomi Islam UIN Alauddin Makassar. Dalam penyampaiannya, ia menyatakan bahwa terdapat prinsip-prinsip dalam sistem ekonomi Islam, salah satunya didasarkan pada nilai-nilai Islam itu sendiri.

“Sistem ekonomi Islam adalah sistem ekonomi yang didasarkan pada nilai-nilai Islam. Prinsip dasarnya adalah prinsip tauhid yaitu segala sesuatu diciptakan oleh Allah dengan tujuan,” ucapnya.

Prinsip yang lain dalam sistem ekonomi Islam dengan sistem ekonomi barat memiliki perbedaan yang sangat mendasar.

“Kapitalisme itu harta dikuasai penuh oleh manusia. Sosialisme itu dikuasai oleh negara, sedangkan Islam segala harta apapun bentuknya adalah pemberian Allah yang penggunaannya diatur menurut aturan-aturan Allah,” imbuhnya.

Di akhir materinya, pembina Yayasan Muamalah Syariah Indonesia ini, memaparkan lima manfaat yang didapatkan dalam menerapkan sistem ekonomi Islam, yaitu:

1. Nilai-nilai ekonomi Islam sangat kuat dan pelakunya tidak akan melakukan kecurangan karena sadar akan dipertanggungjawabkan,

2. Memperhatikan kepemilikan individu dengan batasan-batasan yang ditentukan oleh agama.

3. Negara merupakan institusi penting dalam perekonomian sebagai kontroling.

4. Memiliki sistem yang baik dalam memenuhi pemerataan melalui zakat, infak, dan sedekah.

5. Setiap individu dalam sistem ekonomi Islam akan termotivasi untuk bekerja keras.

 

Laporan: Muhammad Ikram

(Tim Media Yayasan Muamalah Syariah Indonesia)

Loading

Tinggalkan Balasan