(STIBA.ac.id) Makassar –  Sepekan lamanya STIBA telah melaksanakan kegiatan Prakuliah secara daring. Prakuliah dimaksudkan untuk mengisi kekosongan waktu mahasiswa yang hingga saat ini masih tertahan di daerah masing-masing karena pandemi.

Seorang muslim apalagi penuntut ilmu, waktu adalah kesempatan yang diberikan oleh Allah. Sebuah nikmat yang sangat berharga untuk dimanfaatkan. Allah bersumpah dengan semua waktu, mulai dari waktu fajar, subuh, pagi, siang, malam, dan seterusnya.

“Maka kegiatan ini dipandang penting untuk memaksimalkan waktu-waktu kita,” kata Ketua STIBA Makassar saat memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan Prakuliah melalui Zoom, Senin (13/07).

Prakuliah dipandang sebagai bentuk konsekuensi peniadaan perkuliahan yang ditunda hingga September nanti akibat pandemi Covid-19. Di samping sebagai bentuk tanggung jawab bersama untuk selalu menjaga hubungan dengan seluruh civitas academica STIBA. Terutama dengan mahasiswa dan mahasiswi yang sepatutnya tidak terbatas pada pertemuan akademik semata.

Kegiatan yang berlangsung dalam Prakuliah ini mencakup kegiatan akademik dan kegiatan kemahasiswaan. Untuk kegiatan akademik, mahasiswa PM semester I hingga semester VII akan diberikan materi-materi yang sifatnya penguatan. Demikian halnya dengan mahasiswa baru.

Sementara untuk kegiatan kemahasiswaan akan diadakan tarbiah dan dirasah ta’shiliyah.

“Kegiatan yang baru, khususnya bagi mahasiswa baru akan dibuatkan konsep Asrama Virtual. Meskipun di rumah mahasiswa seakan berada di asrama. Seluruh mahasiswa, baik baru maupun lama, setiap hari akan dikontrol lewat media,” ujar Ustaz Ahmad Hanafi.

Semua ini diadakan dalam rangka menjaga ruh kebersamaan. Sebab STIBA bukan hanya tempat belajar tapi merupakan tempat pembinaan dan perjuangan. Di sisi akademik memiliki kapasitas keilmuan yang mumpuni, dari sisi mental spiritual juga memadai.

Prakuliah ditutup dengan penyampaian tausiah dari Ketua Senat STIBA Makassar Ustaz Muhammad Yusran Anshar dan Ketua Prodi Perbandingan Mazhab Ustaz Saifullah Anshar.

Loading

Tinggalkan Balasan