(STIBA.ac.id) Makassar –  Focus Group Discussion (FGD) atau diskusi kelompok terfokus adalah suatu cara pengumpulan informasi mengenai suatu permasalahan tertentu yang spesifik melalui diskusi kelompok. Informasi yang dikumpulkan dalam diskusi ini adalah data yang bersifat kualitatif.

Pusat Penjaminan Mutu (P2M) STIBA Makassar baru-baru ini (Selasa, 01/06/2021) mengadakan FGD. Permasalahan yang dibahas dalam diskusi yang dimoderatori oleh Ustaz Askar Fatahuddin ini adalah seputar Rencana Strategis STIBA Tahun 2022-2027.

Selain dihadiri oleh Ketua STIBA Makassar beserta jajarannya, FGD tersebut juga dihadiri oleh Ketua Senat dan sejumlah anggotanya.

STIBA Makassar hampir menyelesaikan termin pertama Rencana Strategis jangka panjangnya. Renstra ini disusun dalam rangka pencapaian Visi Misi STIBA 1453 H.

“Termin pertama 2017—2022 akan berakhir dengan segala macam pencapaian yang telah kita hasilkan. Meliputi banyak aspek, terutama dari sembilan kriteria yang menjadi faktor penilaian,” ujar Ustaz Ahmad Hanafi saat memberi mukadimah dalam FGD yang berlangsung di ruang musyawarah lantai 4 gedung rektorat juga ruang Zoom.

Secara internal, STIBA telah membentuk tim penyusun renstra yang diketuai oleh ketua P2M Ustaz Hendra Wijaya. Tim tersebut telah bekerja sejak beberapa waktu lalu. Dari internal pengelola STIBA telah melakukan musyawarah sebanyak empat atau lima kali untuk mematangkan hal yang akan dibahas pada FGD ini.

“Banyak hal yang ingin kita capai untuk dicanangkan pada periode mendatang, tapi ada skala prioritas. Terutama bagaimana perkuliahan di tengah pandemi. Kendati ini tidak jadi halangan besar. Selama ini pandemi kegiatan perkuliahan tetap berjalan,” kata Ustaz Ahmad.

Ketua Tim Penyusun Renstra Ustaz Hendra Wijaya menyampaikan harapannya atas terlaksananya FGD ini.

“Harapan kami agar dari FGD ini dapat menghasilkan penyempurnaan bahan analisis SWOT serta usulan program prioritas lima tahun ke depan,” tuturnya.

Beberapa penanggap dari pihak Senat maupun undangan khusus menyoroti visi misi yang saat disusun tidak menetapkan standar penilaian. Akibatnya, beberapa hal terkait capaian Renstra tahap pertama ini sulit diukur. Hal yang sama telah disadari oleh tim penyusun renstra setelah melakukan evaluasi.

Sejumlah asatidzah yang merupakan pendiri atau mantan ketua STIBA Makassar tampak hadir bergabung dalam FGD ini. Di antaranya adalah Ustaz Jahada Mangka, Ustaz Ikhwan Djalil, Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Ustaz Saiful Yusuf, Ustaz Rahmat Abdurrahman, Ustaz Muhammad Ihsan Zainuddin, Ustaz Muhammad Yani Karim, dan Ustaz Salahuddin Guntung.

Loading

Tinggalkan Balasan