(STIBA.ac.id) Makassar –  Olahraga adalah bentuk menjaga dan mensyukuri nikmat kesehatan yang Allah berikan kepada seorang hamba. Sebab, nikmat tersebut juga akan ditanya oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala di padang mahsyar kelak. Hal ini dikemukakan oleh Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D. Ia menjadi narasumber kegiatan Seminar Olahraga Nasional yang diadakan secara daring melalui Zoom Meeting. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Dapertemen Kesehatan, Olahraga dan Lingkungan DPP Wahdah Islamiyah, Sabtu (26/06/2021).

Ketua Dewan Syariah Wahdah Islamiyah tersebut juga menjelaskan tentang aturan-aturan atau syarat dalam berolahraga. Hal tersebut bertujuan agar dapat bernilai ibadah dan kita mengambil manfaat dari aktivitas olahraga tersebut.

“Dalam aktivitas olahraga ada beberapa syarat dan aturan yang mesti diikuti, di antaranya ikhlas (niat ibadah), mencapai tujuan yang diharapkan, menutup aurat, tidak melalaikan dari ibadah, tidak sombong, tidak menimbulkan fanatisme, tidak merusak kesehatan dan membahayakan jiwa, tidak bertentangan dengan akidah dan lainnya,” lanjutnya.

Selain menjelaskan tentang aturan-aturan dalam olahraga, Ustaz Yusran juga menjelaskan beberapa hukum cabang olahraga, mana olahraga yang dibolehkan dan olahraga yang dilarang.

“Olahraga terbagi tiga, ada olahraga yang disyariatkan dan disebutkan dalam nas-nas syariat. Seperti olahraga berkuda, memanah, bermain pedang dan tombak. Sedangkan olahraga yang dibolehkan seperti, futsal, bulutangkis, renang, dan olahraga yang tidak membahayakan jiwa. Adapun olahraga yang dilarang, seperti olahraga tinju, tarung bebas dan olahraga yang mengancam keselamatan jiwa dan kesehatan,” tegasnya.

Selain Ustaz Yusran, seminar olahraga nasional ini juga menghadirkan Dr. Ahmad Rum Bismar, M.Pd. Ia adalah seorang mantan pelatih Timnas U-19. Dr. Ahmad Rum Bismar menyampaikan tentang pentingnya olahraga dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Sehingga sangat dianjurkan melaksanakan olahraga secara teratur sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan fisik atau usia.

“Di antara manfaat olahraga adalah unuk meningkatkan kemampuan otak, misalnya meningkatkan konsentrasi, membantu menunda proses penuaan, menghilangkan stres dan mengendalikan amarah, menjaga kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit dan membuat tidur lebih nyenyak,” ujarnya.

Ada beberapa cabang olahraga yang menurut Dr. Ahmad Rum Bismar sangat mudah dilaksanakan, seperti berjalan kaki, berlari, push up, berenang, sepeda, futsal, dan olahraga lainnnya.

Dalam pantauan mujahiddakwah.com, kegiatan ini dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai daerah. Dan sangat antusias mengikuti kegiatan ini sampai selesai dan di akhiri dengan sesi tanya jawab.

Kegiatan ini dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai daerah. Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan ini sampai selesai dan diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Dr. Ahmad Rum Bismar, M.Pd.

Tinggalkan Balasan