(STIBA.ac.id) Gowa – Bulan Ramadan merupakan bulan perlombaan dalam beribadah khususnya dalam membaca Al-Qur’an. Setiap muslim dituntut memanfaatkan momen istimewa ini dengan sebaik-baiknya.

Akan tetapi, melihat kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya membaca Al-Qur’an, mendorong ormas Wahdah Islamiyah DPC Tombolo Pao dan mahasiswa KKN STIBA untuk menyelenggarakan kegiatan tabligh akbar dengan tema Bekali Ramadhan Ta’ dengan Al-Qur’an.

Kegiatan ini digelar di Masjid Jami’ Baiturrahman, Kelurahan Tamaona, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa, Ahad (27/3/2022).

Kendati aktivitas masyarakat yang secara umum berkebun di pagi hari cukup padat, serta informasi kegiatan yang disampaikan ke masyarakat belum maksimal, tidak mengurangi antusias untuk menghadiri kegiatan tabligh akbar. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang hampir memenuhi Masjid Jami’ Baiturrahman.

Pemateri pada tabligh akbar kali ini yaitu Ustadz Saifuddin Hanafi, S.Ag., M.Pd.I. Ia adalah Ketua KPPM Kementerian Agama Kabupaten Gowa sekaligus menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah Wahdah Islamiyah Kabupaten Gowa.

Dalam ceramahnya, ia mengatakan bahwa Ramadan adalah bulan yang penuh rahmat, penuh ampunan, penuh pengabulan doa, dan penuh kemudahan dalam meraih surga.

Khusus terkait keutamaan membaca Al-Qur’an, ia menyebutkan bahwa terdapat pahala yang berlipat ganda berupa sepuluh kebaikan untuk setiap huruf yang dibaca.  Bagi yang lancar membacanya mendapatkan kedudukan istimewa, sementara yang masih terbata-bata mendapatkan dua kebaikan.

Kegiatan ini juga rencananya akan dirangkaikan dengan kegiatan pendaftaran bagi masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan belajar mengaji menggunakan metode Dirosa  dan Halaqah Tarbiyah.

Sebelumnya, KKN STIBA Makassar Kecamatan Tombolo Pao juga menghelat sejumlah kegiatan persiapan Ramadan di sejumlah desa dengan pelaksana masing-masing perwakilan Posko di seluruh kecamatan.

Laporan: Muh. Sulfadli

Loading

Tinggalkan Balasan