(STIBA.ac.id) Sidoarjo –  Program Studi Perbandingan Mazhab STIBA Makassar mencatat dua rekor nasional. Prodi PM dengan mahasiswa terbanyak dan memiliki pendaftar terbanyak pada penerimaan mahasiswa baru se-Indonesia.

Hal ini terungkap dalam Seminar Internasional dan Pertemuan Asosiasi Dosen Perbandingan Mazhab dan Hukum (ADPMH) PTKIN dan PTKIS se-Indonesia yang berlangsung di Hotel GreenSA Inn and Training Centre, Sidoarjo Jawa Timur.

STIBA Makassar sebagai salah satu anggota ADPMH mengutus Ustaz Dr. Kasman Bakry, M.H.I. (Wakil Ketua Bidang Akademik) bersama Ustaz Saifullah bin Anshor, Lc., M.H.I. (Ketua Prodi Perbandingan Mazhab) untuk mengikuti kegiatan yang berlangsung tanggal 21-23 Juni 2022 tersebut.

Dalam sesi sambutan, Ketua ADPMH sekaligus Ketua Prodi PMH UIN Sunan Gunung Jati Bandung Dr. Ayi Yunus Rusyana, M.Ag. memberikan apresiasi kepada STIBA Makassar yang baru bergabung dalam ADPMH dan memegang rekor jumlah mahasiswa Prodi Perbandingan Mazhab terbanyak di seluruh Indonesia. Apresiasi ini mendapatkan sambutan hangat dari seluruh peserta yang hadir.

Dalam sesi seminar internasional tersebut, Ketua Prodi Perbandingan Mazhab STIBA Makassar, Ustaz Saifullah bin Anshor, Lc., M.H.I. mendapat kesempatan memberikan pandangannya terkait khilafiah dalam mazhab fikih dan penyikapannya. Pandangannya itu ia sampaikan dalam bahasa Arab yang fasih.

Pada sesi berikutnya, Anggota ADPMH yang dihadiri oleh 17 utusan Prodi PMH dari 19 Prodi PMH Se-Indonesia melanjutkan kegiatan silaturrahmi nasional ini dengan fokus pada dua pembahasan utama, yaitu: Fiksasi AD/ART ADPMH, dan Penyamaan persepsi dan penyusunan kurikulum asosiasi Prodi Perbandingan Mazhab.

Pada kesempatan tersebut, Ketua ADPMH dan sekretarisnya Sitti Hanna, Lc., M.A. meminta secara khusus kepada utusan STIBA Makassar untuk berbagi strategi kepada seluruh anggota ADPMH terkait pengelolaan institusi dan penerapan kurikulum. Sekretaris ADPMH yang juga Ketua Prodi PMH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut juga ingin mengetahui stategi rekrutmen calon mahasiswa baru di STIBA Makassar sehingga dapat meraih jumlah mahasiswa terbanyak dan jumlah pendaftar calon mahasiswa baru terbanyak untuk prodi PMH se-Indonesia.

Ustaz Dr. Kasman Bakry, M.H.I. sebagai Wakil Ketua Bidang Akademik STIBA Makassar dipersilahkan memberikan informasi tentang manajemen pengelolaan institusi, metode sosialisasi, dan metode pembelajaran di STIBA Makassar secara umum, serta penerapan kurikulum Prodi PMH secara khusus.

Presentasi Waka I Bidang Akademik ini diakhiri dengan pemutaran video profil STIBA Makassar selama kurang lebih 15 menit yang diunduh oleh panitia dari situs web resmi STIBA Makassar.

Tonton Video Profil STIBA Makassar: STIBA Makassar – Kampus Dakwah & Perjuangan

Pemaparan Ustaz Kasman mendapat apresiasi meriah dari seluruh peserta ADPMH yang hadir. Hal tersebut menambah daya tarik para peserta untuk berkunjung dan bersilaturahmi ke STIBA Makassar. Mereka ingin menyaksikan secara langsung proses pembinaan di kampus dakwah dan perjuangan, STIBA Makassar.

Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Ampel menjadi tuan rumah seminar internasional ini, bekerja sama dengan ADPMH. Tema sentral yang diusung adalah The Dinamics of Moderation on Religion and Schools in the Midst of Social Changes Post Covid-19 Pandemic.

Penyelenggara mengadirkan dua narasumber, yaitu H. M. Adib Abdusshomad, M.Ag., M.Ed., Ph.D. (Kasubdit Akademik Diktis Kementerian Agama) dan Syekh Dr. Labib Najib Abdullah Ghaleb (Dosen Fikih Mazhab Syafi’i di University of Aden Yaman).  Dan selaku moderator adalah Dr. Hj. Nurlailatul Musyafaah, Lc., M.A. (Dosen PMH UIN Sunan Ampel Surabaya).

Acara dibuka secara resmi oleh Rektor yang diwakili Wakil Rektor III UIN Sunan Ampel, Prof. Dr. Muhit, M.Ag. setelah didahului dengan sambutan Dekan FSH UIN Sunan Ampel, Prof. Dr. H. Masruhan, M.Ag. dan sambutan Ketua ADPMH, Dr. Ayi Yunus Rusyana, M.Ag.

Loading

Tinggalkan Balasan