(STIBA.ac.id) Qassim, KSA –  Bidang Kemahasiswaan Universitas Qassim akhirnya mengumumkan para pemenang kompetisi meringkas buku. Resume terbaik pertama ditulis oleh salah seorang alumni STIBA Makassar (2018) yaitu Jufri Mide, S.H., Lc.

Atas prestasinya tersebut, Jufri berhak memboyong hadiah sebesar 5.000 Riyal atau setara Rp19.875.000,00.

Buku yang diresume kali ini berjudul  الملك عبد العزيز آل سعود – رحمه الله- وتوحيد إمامة المصلين في الحرمين الشريفين (Raja Abdul Aziz Al Saud dan Penyatuaan Imamah Jamaah Salat di Dua Masjid Suci). Buku tersebut adalah karangan Gubernur Provinsi Qassim  Dr. Faisal bin Mishaal bin Saud bin Abdulaziz Al Saud.

Kompetisi ini merupakan rangkaian Program Ramadan Al-Rayyan 1443 H yang diadakan oleh Dekan Bidang Kemahasiswaan di Universitas Qassim KSA. Kendati diadakan pada tanggal 28 Ramadhan 1443 H silam,  para pemenang baru diumumkan Rabu, 28 Zulhijah 1443 H (27/07/2022).

Kompetisi ini terbuka untuk seluruh mahasiswa aktif Universitas Qassim di seluruh cabang,  fakultas, dan jenjang pendidikan. Total hadiah yang diperebutkan sebesar 10.000 Riyal.

Berdasarkan keterangan panitia kompetisi, hanya 33 peserta yang mengirim ringkasan atau rangkuman kepada panitia.

“Dalam meringkas buku ini, saya berusaha keras untuk menyebutkan unsur-unsur penting serta megurutkan topik sesuai dengan yang dituangkan penulis dalam bukunya. Mulai dari kover, dokumentasi sejarah yang ada dalam buku, dan susunan isi,” ujar Jufri Mide mengulas resumenya.

Ia menambahkan, “Saya juga berusaha untuk menjaga konsistensi dalam pemakaian kata-kata agar gagasan inti dalam buku dapat tersampaikan sebagaimana mestinya. Kendati demikian, saya tetap berusaha untuk menyederhanakan bahasa, merangkai kata dengan bahasa sendiri untuk kutipan yang panjang dan berulang, serta membuat subjudul untuk tiap pragraf yang memiliki topik yang sama agar mudah dipahami oleh pembaca,” imbuh Jufri yang saat ini tengah melanjutkan studi S2 di Universitas Qassim Fakultas Syariah Konsentrasi Akidah dan Pemikiran Kontemporer.

Menurutnya, unsur utama yang perlu diperhatikan dalam kompetisi ini adalah kejelasan tujuan dan maksud resume. Susunan isi sesuai dengan tiga bab yang tertuang dalam buku,  akurasi bahasa Arab dengan berbagai kaidahnya, serta hubungan antargagasan yang akurat.

“Saya juga berusaha untuk tetap menyertakan foto-foto bersejarah Masjidil Haram yang tertuang dalam buku asli dengan desain yang sederhana. Ini saya lakukan agar gagasan utama dalam buku tetap tersampaikan dan tergambar dengan baik,” pungkas Jufri melalui pesan singkat yang dikirimkan ke redaksi.

Tinggalkan Balasan