(STIBA.ac.id) Malang –  Prodi PBA sebagai program studi baru di STIBA Makassar, sejak tanggal 5 April 2022 dinyatakan bergabung dalam Perkumpulan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PPPBA) Indonesia.

Sebagai anggota, Prodi PBA STIBA berhak mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh PPPBA. Seperti yang diadakan baru-baru ini, yaitu Rapat Kerja Nasional PPPBA dan Semiloka. Rakernas tersebut mengusung tema Best Practice Kurikulum PBA Berbasis MBKM, Bedah Instrumen APS Lamdik, dan Akreditasi Internasional AQAS. Acara ini berlangsung selama tiga hari, Rabu-Jumat (24-26/08/2022) di El Hotel Kartika Wijaya Batu Malang.

STIBA Makassar mengirim tiga utusan dalam kegiatan tersebut, mereka adalah Dr. Kasman Bakry, M.H.I. (Wakil Ketua Bidang Akademik), Dr. Rustam Koly, M.A. (Ketua Program Studi PBA), dan Abdullah Nazim Hamid, Lc. (Sekretaris Prodi PBA).

Kegiatan yang berlangsung sangat padat tersebut, dirangkaikan dengan Penandatangan Akad Kerja Sama (MoA/PKS) antaranggota asosiasi. Prodi PBA STIBA Makassar berkesempatan melakukan akad Memorandum of Agreement  (MoA) dengan beberapa lembaga atau institusi lainnya, di antaranya dengan Asosiasi PPPBA, Prodi PBA Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor Ponorogo, Prodi PBA Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai, Prodi PBA Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka (UHAMKA) Jakarta, dan Prodi PBA Universitas Juanda Bogor.

Kerja Sama dengan Prodi PBA Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor Ponorogo
Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan PPPBA oleh Ketua Umum PPPBA
Kerja sama dengan PBA IAIM Sinjai

Kerja sama tersebut bertujuan untuk saling berkolaborasi dalam pelaksanaan tridarma perguruan tinggi, terkhusus dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Keikutsertaan perdana Ka. Prodi dan Sek. Prodi PBA STIBA Makassar dalam Rakernas dan Semiloka PPPBA ini diharapkan memberikan pengetahuan dan peningkatan skill dalam mengelola Prodi PBA sesuai yang diharapkan.

Kegiatan ini diikuti lebih dari 100 peserta yang berasal dari 80-an Prodi PBA se-Indonesia.

Dibuka secara resmi oleh Dr. Tulus Mustafa, M.A. selaku Ketua Ikatan Mudarris/sah Lughah Arabiyah (IMLA) Indonesia, yang didampingi oleh Dr. Dedih Wahyuddin, M.Ag. selaku Ketua PPPBA Indonesia, Muhammad Wahyudi, M.Pd. (Sekjen PPPBA Indonesia), dan Dr. Hanik Mahliatussikah, MA. (Bendahara Umum PPPBA Indonesia).

Loading