(STIBA.ac.id) Makassar –  UKM Jurnalistik Putri STIBA Makassar mempersembahkan seminar ilmiah Muslimah’s Expo sebagai langkah kontributif dalam meningkatkan literasi di Indonesia. Data dari UNESCO menunjukkan bahwa Indonesia menempati peringkat kedua dari bawah dalam hal literasi dunia, dengan hanya 0,001% minat baca masyarakat. Dalam konteks ini, kegiatan ini dihadirkan sebagai upaya nyata untuk mengatasi masalah literasi yang meresahkan tersebut.

Dengan pemahaman bahwa literasi memiliki peran kunci dalam peradaban, UKM Jurnalistik Putri STIBA Makassar menegaskan pentingnya membangun kesadaran literasi melalui acara ini. Seminar ilmiah ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan minat baca, dan pada gilirannya memajukan peradaban Islam di Indonesia. 

Muslimah’s Expo tahun ini mengusung tema Eksistensi Generasi Z sebagai Penggerak Dakwah di Era Society 5.0. Tak hanya Seminar Ilmiah, kegiatan ini juga melibatkan peserta dalam lima cabang perlombaan yang terbuka untuk mahasiswi baik STIBA Makassar maupun dari PT lain, termasuk para pelajar sekolah menengah. Jumlah peserta lomba yang terdaftar sebanyak 50 orang. Perlombaan tersebut mencakup Penulisan Esai, Debat Ilmiah, Desain Poster, Konten Bedah Buku, dan Lomba Cepat Tepat Literasi. Kegiatan ini berakhir dengan diselenggarakannya Seminar Ilmiah sebagai puncak acara.

Pembukaan Muslimah’s Expo yang berlangsung pada Ahad (5/11/2023) di Aula Gedung Aisyah STIBA Makassar dihadiri oleh sekitar 400 peserta dari kalangan mahasiswi dan pelajar.

Acara diawali dengan sambutan dari ketua panitia, Azizah Hidayat, dan juga sambutan dari Wakil Kepala Bagian Kegiatan Kemahasiswaan Putri STIBA Makassar, Ustazah Munawwarah. Setelah itu, dilanjutkan dengan technical meeting bersama para peserta lomba.

Ustazah Munawwarah  berharap agar Muslimah’s Expo dapat menjadi wadah yang membangkitkan semangat generasi muda untuk terlibat dalam literasi dan mendorong semangat dakwah melalui literasi.

Reporter: Tim Media dan Pers Putri

Loading