(STIBA.ac.id) Makassar –  Ketua Senat STIBA Makassar Ustaz Dr. Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A. menyampaikan Ceramah Subuh dalam rangkaian Musyawarah Kerja Nasional Wahdah Islamiyah dengan mengangkat tema seputar sirah nabawiah, di Masjid Asrama Haji Sudiang Kota Makassar, Ahad (26/11/2023).

“Pertemuan semacam ini merupakan kesempatan untuk mengecas kembali keimanan kita, memperkuat komitmen, dan meraih sejumlah manfaat dalam bentuk inspirasi dan motivasi dari para asatizah serta tokoh-tokoh yang menjadi narasumber. Semua ini merupakan modal terbaik untuk melanjutkan perjuangan setelah agenda Mukernas ini,” ungkapnya.

Ustaz Yusran menjelaskan bahwa setelah tugas belajar dan mendengarkan nasihat selesai, langkah selanjutnya adalah berjuang untuk mengamalkan dan menyebarkan ajaran tersebut. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah memberikan pesan serupa kepada para sahabat yang datang khusus untuk belajar dan menerima nasihat dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.

“Setelah fase belajar dan mendengarkan nasihat ini selesai, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melepaskan mereka semua dengan pesan untuk melanjutkan perjuangan dengan mengamalkan dan mendakwahkan ajaran yang telah diterima,” ungkapnya.

“Berkumpul dalam Mukernas ini, kita telah lelah dan bersusah payah menempuh perjalanan serta mengikuti rangkaian Mukernas yang begitu padat. Inilah esensi kebahagiaan bagi para dai dan pejuang dalam makna yang haikiki. Adapun istirahat dalam makna-makna duniawi itu bukan tempatnya, kelelahan kita karena Allah adalah jerih payah yang akan mendapatkan pahala,” lanjut Ketua Dewan Syariah Wahdah Islamiyah tersebut.

Anggota Komisi Fatwa MUI Pusat tersebut menegaskan bahwa orang yang paling beruntung di antara peserta mukernas adalah mereka yang telah meraih banyak manfaat dari agenda Mukernas tersebut, menjadi sumber inspirasi yang sangat berharga, dan motivasi bagi mereka untuk berbuat yang lebih baik ke depan.

“Jihad kita saat ini adalah jihad melalui dakwah dan tarbiah. Mari kita kembali berjihad, kembali berjuang, dan bersungguh-sungguh untuk mengamalkan apa yang telah kita dengarkan untuk diri kita sendiri sebelumnya. Setelah itu, kita sampaikan kepada orang lain,” tegasnya.

Ustaz Yusran juga mengingatkan para dai dan pejuang dakwah tentang bahaya fitnah dunia dan wanita. Ia menekankan bahwa sebagai murabbi, pemberi nasihat, khatib, atau penulis, tidak ada yang aman dari fitnah ini. Fitnah ini telah diingatkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.

Kepada peserta Mukernas, Ustaz Yusran mengajak untuk saling mendoakan dengan doa-doa tulus agar tetap bersatu dalam perjuangan dakwah, meninggikan agama Allah. Ia berharap cinta karena Allah menjadikan mereka bersama di surga, sesuai dengan janji Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bahwa orang akan bersama dengan orang yang dicintainya.

Laporan: Media Center Mukernas DPP WI

Loading