(STIBA.ac.id) Makassar — Ustaz Dr. Muhammad Harsya Bachtiar, seorang dosen di STIBA Makassar dan dai Wahdah Islamiyah, baru-baru ini berhasil meraih gelar doktor setelah mengikuti sidang promosi doktor di Program Studi Doktor Konsentrasi Ekonomi Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM).

Sidang promosi doktor ini digelar di Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan pada Jumat, 15 Desember 2023. Ustaz Harsya sukses mempertahankan disertasinya yang berjudul “Penggunaan Aplikasi Flip dalam Transaksi Fliptech Perspektif Ekonomi Islam: Studi Pengguna Flip Kader Wahdah Islamiyah.”

Sidang dipimpin oleh Prof. Dr. H. Abustani Ilyas, M.A., dengan anggota tim penguji, antara lain Prof. Dr. Abdul Rahman Kadir, M.Si. (Penguji Eksternal), Prof. Dr. H. Nasir Hamzah, M.Si. (Promotor Penguji), Dr. Siradjuddin, S.E., M.Si. (Kopromotor I), Dr. Amiruddin K., M.E.I. (Kopromotor II), Prof. Dr. H. Muslimin H. Kara, M.Ag., Prof. Dr. H. Hamid Habbe, S.E., M.Si., Akt., dan Dr. H. Abdul Wahid Haddade, Lc., M.H.I. (Penguji Utama).

Dalam disertasinya, Ustaz Harsya menjelaskan penelitian tentang aplikasi keuangan Flip, dengan fokus pada tiga produk jasa utama yaitu Transfer antar-Bank, Pembelian Pulsa, dan Top Up E-Wallet. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa para kader Wahdah Islamiyah yang menggunakan aplikasi ini menyatakan bahwa semua layanan yang ditawarkan oleh Flip tidak bertentangan dengan prinsip ekonomi Islam.

Ustaz Harsya memaparkan disertasinya dengan apik dan mendapatkan apresiasi tinggi dari para penguji. Setelah menjawab serangkaian pertanyaan dari dewan penguji, Ustaz Harsya Bachtiar resmi menjadi doktor Konsentrasi Ekonomi Islam, dengan lulus meraih predikat sangat memuaskan.

Dengan pencapaian ini, Dr. Muhammad Harsya Bachtiar, Lc., M.A. menjadi doktor ke-16 di STIBA Makassar dan doktor ke-1143 yang dihasilkan oleh Program Studi Dirasat Islamiyah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Reporter: Muh. Ihsan Dahri

Loading