STIBA Makassar Ukir Prestasi Terbaik dalam Lomba Al-Fusha VII, Borong Tujuh Gelar Juara

(STIBA.ac.id) Makassar – STIBA Makassar patut berbangga atas prestasi cemerlang yang diraih oleh mahasiswanya dalam Lomba Al-Fusha VII yang diselenggarakan di Kampus Unismuh Makassar. Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari berbagai instansi pendidikan, di antaranya Unismuh, Unhas, UNM, Politeknik Ilmu Pelayaran, Ma’had Al-Birr, dan MIM. 

Lomba Al-Fusha VII yang berlangsung pada 12-14 Desember 2023, melibatkan beberapa kompetisi, antara lain Tahfiz 5 Juz, Tahfiz 10 Juz, Tilawah, Pidato Bahasa Arab, Ghina’ Arabiy, dan Syi’r Arabiy. 

Pengumuman hasil lomba dilakukan pada Senin (18/12/2023), di mana mahasiswa STIBA Makassar berhasil meraih prestasi dalam berbagai kategori, sebagai berikut:

1- Tahfiz 5 Juz:

  – Juara I: Muhammad Adib Shafwan (Mahasiswa Program Persiapan Bahasa)

  – Juara III: Muhammad Azhim Fadlan (Mahasiswa Prodi Perbandingan Mazhab Semester I Takhashshush) 

2- Tahfiz 10 Juz:

  – Juara I: Muhammad Ikhsan Sulaeman (Mahasiswa Prodi Perbandingan Mazhab Semester III) 

  – Juara III: Yandri F Daulay (Mahasiswa Prodi Perbandingan Mazhab Semester VII) 

3- Pidato Bahasa Arab:

   – Juara I: Radhi Makmur (Mahasiswa Prodi Perbandingan Mazhab Semester VII) 

   – Juara III: Musyirul Haq (Mahasiswa Prodi Perbandingan Mazhab Semester VIII) 

4- Syi’r ‘Arabiy:

     Juara II: Alfhabean Mahdani (Mahasiswa Prodi Perbandingan Mazhab Semester V). 

Muhammad Adib Shafwan, Juara I kategori Tahfiz 5 Juz, menyampaikan rasa syukurnya atas prestasi yang telah diraihnya. 

“Alhamdulillah, kami senang karena ini pengalaman pertama kami mewakili kampus tercinta untuk mengikuti sebuah perlombaan yang termulia. Alhamdulillah kami berhasil persembahkan juara I meski di kategori 5 Juz. Harapan kami ini bisa menjadi motivasi untuk terus murajaah, dan semoga ke depan kami bisa mengikuti lomba di jenjang yang lebih tinggi,” ungkapnya. 

STIBA Makassar Sabet Gelar Juara Umum

Berdasarkan hasil keputusan Dewan Juri bersama pengurus HMJ PBA Unismuh Makassar, maka diputuskan bahwa peraih Juara Umum Al Fusha Jilid Vll jatuh kepada STIBA Makassar.

Ustaz Abdullah bin Yusran, Lc. selaku Kepala Bagian Pembinaan Al-Qur’an menyampaikan apresiasinya atas prestasi yang diraih mahasiswa binaannya. 

“Pertama, tentu kita sangat berbahagia dan bersyukur ketika ada mahasiswa yang berprestasi apalagi jika prestasi itu sangat berkaitan dengan pembinaan-pembinaan yang selama ini kita lakukan di ma’had, seperti al-Qur’an dan maharat (kemampuan-kemampuan) yang lainnya,” ujarnya.

Pembina UKM Raudhatul Huffazh tersebut juga berharap dengan hasil ini menjadi motivasi bagi mahasiswa yang lainnya dalam meningkatkan kualitas bacaan, hafalan, dan bisa istikamah memurajaah Al-Qur’an.

“Kita berharap pola pembinaan di kampus bisa menjadi lebih baik ke depannya, dan melahirkan mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi dalam segala bidang yang membuat mereka menjadi lebih dekat dengan Rabb-nya dan kelak membawa manfaat untuk orang-orang di sekitarnya.

Reporter: Fitra Abadi

Loading