(STIBA.ac.id) Makassar –  Alumni STIBA Makassar diharapkan tidak hanya menjadi lulusan yang sukses secara akademis, tetapi juga menjadi pencerah dalam segala aspek kehidupan, terutama dalam isu-isu keagamaan. Menghadapi tuntutan zaman yang menuntut arah dan panduan keumatan, setiap alumni diminta untuk terus meng-update pengetahuan mereka sebelum memberikan pencerahan kepada orang lain.

Menyikapi pentingnya peran alumni tersebut, khususnya dalam menghadapi pesta demokrasi di Indonesia, Ikatan Alumni (IKA) STIBA Makassar menggelar diskusi ilmiah pada Kamis malam, 4 Januari 2024. Kegiatan ini menghadirkan Ketua Umum DPP Wahdah Islamiyah, Dr. K.H. Muhammad Zaitun Rasmin, Lc., M.A. Diskusi tersebut mengusung tema “Sikap dalam Demokrasi dan Arah Pilihan Politik”. Ustaz Zaitun memberikan pencerahan mengenai sikap seorang muslim dalam dunia demokrasi dan mengajak berpikir tentang paslon mana yang seharusnya diusung.

Diskusi ini diselenggarakan oleh Departemen Kajian Strategis IKA STIBA Makassar, dengan Ustaz Abdul Qahar, S.H., M.Hum. sebagai moderator. Acara dimulai dengan pembukaan yang menarik dari ketua umum dan berlanjut dengan sesi tanya jawab dari peserta.

Salah satu momen menarik adalah ketika seorang alumni mengajukan pertanyaan mengenai sikap yang harus diambil jika ada kecurangan dalam pemilu mendatang dan bagaimana menghadapi kekalahan jika pasangan calon yang diusung kalah.

Ustaz Zaitun memberikan jawaban memotivasi, ia mengatakan bahwa tugas setiap orang adalah berusaha semaksimal mungkin.

“Tugas kita adalah berusaha semaksimal mungkin. Kalah menang urusan belakang, tapi kita ikhtiarkan dengan segala usaha. Anak muda tidak pantas berpikir buruk dan pesimis, itu ciri-ciri orang yang sudah tua. Anak muda seharusnya berpikir tentang apa yang bisa dia lakukan saat-saat seperti ini,” ungkap Ustaz Zaitun.

Diskusi yang digelar secara daring melalui Zoom Meeting ini berlangsung dari pukul 20.00 hingga 23.30 Wita. Acara ini telah menjadi wadah bagi para alumni untuk berkolaborasi dan memberikan kontribusi positif dalam kehidupan bernegara khususnya menjelang Pemilu 2024.

Reporter: Muhammad.bY

Loading