(STIBA.ac.id) Jakarta-  Alfabean Mahdani, mahasiswa semester V STIBA Makassar yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) STIBA Makassar, berhasil meraih posisi kedua dalam Lomba Peringatan Bulan Bahasa Arab se-Dunia.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Majma’ Al Malik Salman lil ‘Alami Li Al-Lughah Al-‘Arabiyyah berkolaborasi dengan Ittihad Mudarrisi Al-Lughah Al-Arabiyyah (IMLA) Indonesia Tingkat Nasional.

Acara ini digelar dalam rangka membangun penghargaan terhadap budaya Arab, mendukung pemahaman lintas budaya, serta memicu minat belajar bahasa Arab di kalangan mahasiswa.

Lomba ini resmi dibuka pada tanggal 16 Januari 2024, dan telah sukses menggelar berbagai kategori lomba, yaitu Al-Ilqa, Al-Sard wa Al-Riwayah, dan Al-Khat Al-‘Araby. Kegiatan ini diikuti 260 peserta dari 84 perguruan tinggi se-Indonesia.

Alfabean berkesempatan untuk mengikuti kategori Al-Ilqa dalam lomba Qiro’atu Syi’ir al ‘Arabi. Cabang ini diikuti oleh 80 peserta dan diselenggarakan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dalam penampilannya yang memukau, Alfabean berhasil mencuri perhatian dewan juri dengan membawakan syair berjudul “غدا يوم فصل للفريقين فاصبري” yang berarti “Hari Esok Adalah Penentu bagi Kedua Pasukan Maka Bersabarlah.” Hasilnya, Alfabean meraih posisi kedua, mengungguli 78 peserta lainnya.

“Prestasi ini sarat dengan makna perjuangan dan pengalaman. Hal ini juga mengajarkan kepada kita bahwa hari libur bukanlah akhir dari perjuangan untuk bersantai dan bermalas-malasan, melainkan saat yang tepat untuk mengaplikasikan ilmu yang telah kita peroleh dari asatidzah kita,” ujar mahasiswa asal Lampung tersebut.

Alfabean menjadi satu-satunya mahasiswa utusan dari perguruan tinggi di Indonesia Timur. Hal itu terungkap dari pernyataan  Prof. Dr. Uril Baharuddin, M.A. (Ketua Umum IMLA) saat memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Reporter: Ibnu Syam

Loading