(STIBA.ac.id) Makassar – Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab (STIBA) Makassar menggelar Kuliah Perdana untuk memulai Semester Genap Tahun Akademik 1445—1446/2023—2024 M. Acara ini bertema “Peran Umat Islam dalam Menentukan Arah Politik di Indonesia” dan dihadiri oleh tiga narasumber yang kompeten di bidangnya.

Kuliah Perdana adalah kegiatan rutin yang diadakan di awal semester untuk memberikan motivasi dan semangat belajar kepada mahasiswa setelah melalui liburan semester. Acara ini dihadiri oleh Ketua Senat dan Ketua STIBA Makassar beserta jajarannya, para dosen, dan mahasiswa. Tiga narasumber utama dalam acara ini adalah A.M. Iqbal Parewangi, Anggota DPD RI Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2014—2019; Ustaz Ikhwan Djalil, Lc., M.H.I., M.Pd., Ketua Dewan Syuro Wahdah Islamiyah; dan Asrullah, S.H., M.H., Ketua Pimpinan Pusat Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia.

Acara ini berlangsung di Masjid Anas bin Malik Kampus STIBA Makassar pada Senin, 29 Januari 2024. Kuliah Perdana dibuka secara resmi oleh Ketua Senat STIBA Makassar, Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D., setelah sambutan dari Ketua STIBA Makassar Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D.

Diskusi tentang peran umat Islam dalam politik Indonesia bersama tiga narusumber dipandu oleh Ustaz Ihwan Wahid, S.Pd.I, M.E.

Diskusi ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman yang lebih baik kepada mahasiswa tentang bagaimana peran mereka dalam menentukan arah politik negara. Sejumlah isu penting seperti sejarah perjuangan umat Islam, peran organisasi Islam, dan pentingnya menjaga identitas dan nilai-nilai agama dalam politik dibahas dalam acara ini.

Acara ini mendapat sambutan positif dari peserta yang hadir dan diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada mahasiswa untuk berperan aktif dalam politik dan memahami nilai-nilai agama dalam konteks perubahan dan pembentukan arah politik Indonesia.

Kuliah Perdana ini juga dirangkaikan dengan pengumuman pemenang Program Bagian Kemahasiswaan yaitu Aksi Dakwah Kampung Halaman (Adakah) Mahasiswa STIBA Makassar yang mengambil tagline “Rebahan No More, Dakwah Forever”. Dilanjutkan dengan pengumuman Mahasiswa Teladan, Pengelola Teladan, dan Dosen Teladan.

Loading