(STIBA.ac.id) Maros – Kantor Camat Tanralili diramaikan dengan kehadiran ratusan mahasiswa STIBA Makassar. Hari ini, Kamis, 7 Maret 2024, diadakan prosesi penyambutan mahasiswa KKN VII Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar di gedung pemerintah kecamatan tersebut.

Rombongan mahasiswa KKN VII STIBA Makassar didampingi oleh Ketua STIBA Makassar, Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D., Wakil Ketua I Ustaz Rachmat Badani bin Tempo, Lc., M.A., Wakil Ketua III Ustaz Ahmad Syaripudin, S.Pd.I., M.Pd.I., Kepala Sekretariat STIBA Makassar Ustaz Dr. Kasman Bakry, S.H.I., M.H.I., Ketua Panitia KKN VII Ustaz Dr. Khairul Aqbar, M.E.I., serta beberapa dosen pendamping. Mereka disambut oleh Camat Tanralili Sudarmin, S.E., M.Si., Sekcam Andi Darmansah, S.P., serta lurah dan kades se-Kecamatan Tanralili selaku tuan rumah.

Dalam sambutannya, Sekcam Tanralili, Andi Darmansah, S.P., yang mewakili camat yang hadir di akhir acara, menekankan pentingnya mahasiswa menjaga integritas, bersikap yang baik, dan berkolaborasi dengan seluruh warga desa.

“Menyambut bulan Ramadan yang akan tiba, kami mendorong mahasiswa KKN untuk berkontribusi kepada masyarakat dengan membina kerohanian, seperti melalui kegiatan baca tulis Al-Qur’an dan kegiatan lain berupa pembinaan akhlak warga,” ungkapnya.

Ia juga berharap agar kegiatan yang direncanakan dapat dikolaborasikan dengan kegiatan di desa-desa.

Ketua STIBA Makassar, Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D., juga memberikan pengantar singkat tentang STIBA Makassar. Ia menyampaikan bahwa STIBA selalu memberikan perhatian besar terhadap tridharma perguruan tinggi, di mana salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat melalui KKN. KKN VII ini akan diikuti oleh 297 mahasiswa STIBA Makassar.

Ustaz Akhmad juga menyampaikan pengalaman dari KKN sebelumnya, terutama di Malino tahun lalu yang menunjukkan bahwa masyarakat merasa memiliki kesan yang baik, sehingga banyak yang ingin agar STIBA Makassar kembali mengutus mahasiswanya ke sana. Harapannya, kesan positif ini juga terjadi pada KKN tahun ini.

“Harapan kami agar pelaksanaan KKN ini dapat berjalan dengan baik. Kami bersyukur kepada Allah dan mengapresiasi pihak kecamatan serta lurah dan kades yang telah membantu memfasilitasi. Kolaborasi diharapkan akan maksimal, dan komitmen institusi terhadap KKN menjadi perhatian utama kami,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan harapannya kepada para mahasiswa agar tidak mengecewakan, karena bagian dari tanggung jawab akademik adalah menjadikan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk dari darma bakti yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Ketua STIBA menutup sambutannya dengan membacakan pantun yang disambut dengan ucapan “cakep” dari para hadirin.

Jalan-jalan ke Kota Maros

Jangan lupa beli roti

Mahasiswa STIBA pantang adu jotos

Adabnya santun terkenang di hati

Di Gowa Bendungan Bili Bili

Di Maros Kecamatan Tanralili

KKN STIBA tak suka membuli

Setiap saat selalu peduli

Loading