(STIBA.ac.id) Maros – Mahasiswa KKN VII STIBA Makassar sukses menggelar Seminar Lokakarya di Aula Kantor Camat Tanralili, Kabupaten Maros, sekaligus sebagai penutup dari rangkaian seminar lokakarya yang diadakan setiap desa di Kecamatan Tanralili.

Seminar yang dilaksanakan pada Kamis, 3 Ramadan (14/03/2024) ini dihadiri oleh sekitar 42 orang dari berbagai kalangan yang terdiri dari ibu lurah, sekretaris dinas kesehatan, kepala sekolah SDN 218 Inpres Dulang, perwakilan dari Pesantren Wahdaniyatillah, perwakilan karang taruna Kel. Borong, guru TPA, aparat desa, imam desa, para tokoh masyarakat, koordinator kecamatan, wakil koordinator kecamatan, sekretaris kecamatan, serta mahasiswa KKN VII STIBA Makassar.

Di awal acara, Dimas Fajar Ramadhan selaku Koordinator Kecamatan memberikan sambutan sebagai perwakilan dari Dosen Pembimbing Lapangan yang belum sempat hadir mendampingi. Dalam sambutannya, Dimas berharap agar segala program kerja yang disusun oleh mahasiswa KKN bisa membawa manfaat dan para mahasiswa bisa belajar mengaplikasikan segala ilmu yang didapat kepada masyarakat.

Ibu Lurah, Sunarti, S.E., M.M.,  dalam sambutannya sangat mendukung dan bersyukur atas kedatangan mahasiswa KKN STIBA Makassar. Apalagi masyarakat Borong sangat haus akan dakwah dan ilmu.

“Kami di Kelurahan Borong sangat bersyukur karena di bulan suci Ramadan kami kedatangan adik-adik KKN dari STIBA Makassar,” ujar ibu lurah dalam sambutannya.

Selanjutnya, program kerja yang telah disusun, dipaparkan oleh Nurfakhruddin Almubarak selaku Koordinator Desa Kelurahan Borong.

Setelah pemaparan program kerja, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan usulan dari peserta seminar yang kemudian disambut baik oleh para peserta. Ada banyak usulan membangun yang diberikan kepada mahasiswa KKN STIBA Makassar.

“Kita sudah lama membutuhkan “air” karena kita di sini sedang kehausan, kita bersyukur KKN STIBA hadir sehingga kita semua bisa termotivasi mengubah citra masyarakat yang ada,” ujar Andi Syarifuddin, Sekretaris Dinas Kesehatan.

“Program kerja yang diberikan oleh KKN STIBA adalah program yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” ujar Anita perwakilan dari Karang Taruna Kelurahan Borong.

Harapan besar dari masyarakat untuk mahasiswa KKN adalah diadakannya tim penyelenggaraan jenazah dan bekerja sama dengan imam kelurahan dan imam setempat.

“Mengenai program kerja, kami menyambut baik dan semoga bisa terlaksana dengan baik. Kami harap semoga ada perpustakaan masjid, penyelenggaraan jenazah dan praktik penyembelihan yang halal karena masih banyak pedagang ayam potong yang masih menyembelih yang tidak sesuai,” harapan sekretaris dinas kesehatan.

Di akhir acara, diadakan sesi foto bersama dan penyerahan cendera mata berupa buku Serial Dasar-Dasar Islam dari mahasiswa KKN kepada ibu lurah sebagai bentuk apresiasi.

Reporter: Annisa Tiara Ramadhani, Puspita Andaya, dan Nurul Hikmah

Foto: Hisbullah Sumarlin

Loading