(STIBA.ac.id) Makassar – Setelah perjuangan panjang dan berbagai hambatan yang dihadapi, Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar akhirnya mendapatkan izin pendirian Program Studi Ilmu Hadis untuk tingkat Sarjana.

Dr. Kasman Bakry, S.H.I., Μ.Η.Ι., Koordinator Pelaksana Tim Pendirian Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Ilmu Hadis, dan Pendidikan Bahasa Arab di STIBA Makassar, menuturkan suka duka proses mendapatkan izin tersebut.

Menurut Ustaz Kasman, proses pendirian Prodi Ilmu Hadis telah dimulai sejak tahun 2016 di bawah kepemimpinan sebelumnya (Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D., red.).

“Proposal demi proposal diajukan namun selalu menemui jalan buntu,” ungkapnya.

Setelah pergantian kepemimpinan, sebuah tim penyusun yang baru dibentuk pada masa Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D.

“Setelah melalui perbaikan dan penyempurnaan, akhirnya Kementerian Agama menerbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 227 Tahun 2024 pada tanggal 20 Februari 2024 tentang Izin Operasional Prodi Sarjana Ilmu Hadis,” tambahnya.

Dr. Kasman menjelaskan bahwa untuk mendapatkan izin tersebut, STIBA Makassar harus memenuhi sejumlah persyaratan, termasuk pemenuhan standar mutu melalui dokumen-dokumen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), ketersediaan SDM dosen sesuai dengan kebutuhan Prodi, serta kelengkapan sarana prasarana yang mendukung tridarma perguruan tinggi.

Tentang waktu yang dibutuhkan, Dr. Kasman menyebutkan bahwa proses tersebut memakan waktu yang cukup lama.

“Sejak awal digiatkan penyusunan proposal pengajuan pada tahun 2016 hingga terbitnya izin pada tahun 2024, kami mengalami perjalanan selama kurang lebih delapan tahun,” ungkapnya.

Namun, tidak bisa dimungkiri bahwa perjalanan menuju izin pendirian Prodi Ilmu Hadis tidaklah mudah. Dr. Kasman menyebut beberapa kendala yang dihadapi, termasuk perubahan regulasi pada prosedur dan pedoman pengajuan prodi baru, serta kurangnya pengalaman dalam pembuatan borang pengajuan.

Terkait keluarnya izin pendirian Prodi Ilmu Hadis, Dr. Kasman menyampaikan rasa syukurnya.

“Ini adalah sebuah kesyukuran yang tidak terhingga kepada Allah. Kami merasa bahagia dan haru atas terbitnya KMA Ilmu Hadis ini,” ucapnya penuh rasa haru.

Surat Keputusan (SK) Peraturan Menteri Agama Penyelenggaraan Program Sarjana Ilmu Hadis diserahterimakan pada tanggal 26 Februari 2024 di Kantor Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Lantai 7, Jakarta. Penyerahan tersebut dilakukan secara langsung oleh Bapak Lukman Nugraha, M.Ed. (Kepala Seksi Pembinaan Program Studi Baru Subdirektorat Akademik Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam) kepada perwakilan dari STIBA Makassar, yang diwakili oleh Ibu Dr. St. Habibah, S.Ag., MA., M.Hum., seorang Dosen Tidak Tetap di STIBA Makassar dan Ketua STEBI Al-Muhsin Jogjakarta. Hal ini berdasarkan Surat Tugas yang dikeluarkan oleh Ketua STIBA nomor 86/STIBA-MKS/B/TU/2024 tanggal 22 Maret 2024.

Ibu St. Habibah menyerahkan Surat Keputusan tersebut kepada Muh. Ruslianto, S.H. seorang alumni STIBA yang saat ini bertugas di Jakarta Barat, untuk selanjutnya disampaikan kepada Pimpinan STIBA Makassar. SK tersebut tiba di Kampus STIBA Makassar pada hari Kamis (28/03/2024) dan diserahkan langsung oleh Koordinator Tim Pendirian kepada Ketua STIBA Makassar.

Berikut ini Tim Pendirian Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Ilmu Hadis, Dan Pendidikan Bahasa Arab (STIBA) Makassar yang telah berjibaku dalam melahirkan tiga prodi baru di STIBA Makassar:

Penanggung Jawab:

Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D.

Koordinator Pelaksana:

Dr. Kasman Bakry, S.H.I., Μ.Η.Ι.

Wakil Koordinator:

Sofyan Nur, Lc., M.Ag.

Anggota Tim:

Hendra Wijaya, Lc., M.H.

Ihwan Wahid Minu, S.Pd.I., M.E.

Dr. Askar Patahuddin, S.Si., M.E.

Chamdar Nur, Lc., S.H., S.Pd.I., M.Pd.

Rachmat bin Badani Tempo, Lc., Μ.Α.

Irsyad Rafi, Lc., M.H.

Arfan, S.S., M.Ag.

Samsul Bahri Pelu, S.Th.I.

Kurnaemi Anita, S.T., S.H., M.E.

Munira, S.H., S.Pd., M.Pd.

Wahyuni Ishak, S.H.

Muhibbatuddinah, S.H.

Loading