(STIBA.ac.id) Makassar –  Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (HMJ PBA) STIBA Makassar  yang dikenal dengan nama “Itlah”, mengadakan acara “Musyawarah Akbar Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab” (MAHABBA) di Gedung Muadz bin Jabal lantai 1. Kegiatan ini berlangsung pada Kamis, 9 Dzulqa’dah 1445 H/ (30/5/2024), dan dihadiri oleh 112 mahasiswa Prodi PBA serta para pengurus HMJ PBA STIBA Makassar.

 Acara ini merupakan salah satu program unggulan Itlah STIBA Makassar dan bertujuan untuk memaparkan hasil musyawarah dari tiap divisi kepada para mahasiswa Prodi PBA serta mempererat rasa kekeluargaan di antara mereka. Musyawarah ini menghadirkan Kaprodi PBA sekaligus pembimbing HMJ PBA, Ustaz Rustam Koly, Lc., M.A., Ph.D., yang memberikan nasihat dan panduan selama acara berlangsung.

Musyawarah dibuka dengan pengarahan dari Ketua Umum HMJ PBA, Irwansyah Syam. Dalam sambutannya, Irwansyah menekankan peran penting HMJ PBA sebagai sarana pemersatu di antara mahasiswa PBA.

“Kita adalah satu keluarga, HMJ hadir sebagai sarana pemersatu di antara kita mahasiswa PBA. Maka penting agar kita mengetahui apa saja yang akan kita laksanakan dalam satu periode kepengurusan ini,” ujarnya.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan perkenalan antarketua Divisi HMJ PBA yang masing-masing memaparkan hasil program kerja dari tiap divisi. Meskipun tiap divisi memiliki tujuan yang berbeda, semuanya berkontribusi terhadap visi besar organisasi, yaitu memperkenalkan HMJ PBA baik di dalam maupun di luar kampus.

Di akhir acara, Ustaz Rustam Koly memberikan nasihat yang menginspirasi para pengurus dan mahasiswa PBA. Beliau menegaskan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam mengambil keputusan.

“Jika ada keputusan yang sudah disepakati maka itu yang harus dijalani, sedangkan yang meragukan maka itu yang harus ditinggalkan,” tegasnya.

Ia juga menyarankan untuk menjadikan tahajud sebagai wasilah (sarana) untuk mendekatkan diri kepada Allah.

“Jadikanlah tahajud sebagai wasilah kita kepada Allah, insyaallah dengan tahajud segala problematika bisa kita selesaikan dengan mudah,” tuturnya.

Musyawarah akbar ini tidak hanya menghasilkan program-program kerja yang matang dan terencana, tetapi juga memperkuat ikatan persaudaraan di antara mahasiswa Prodi PBA. Dengan semangat kebersamaan dan komitmen untuk terus berkembang, HMJ PBA STIBA Makassar siap menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Reporter: Alif Anugrah

Loading