(STIBA.ac.id) Makassar – Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar sukses menyelenggarakan Webinar Hadis Internasional bertema “Peran Ilmu Hadis di Era Kontemporer” secara hybrid pada Sabtu (01/06/2024). Acara ini juga menjadi momen penting dengan diluncurkannya Program Studi (Prodi) Ilmu Hadis.

Webinar ini menghadirkan dua pemateri internasional dan dibuka oleh Ketua STIBA Makassar, Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D. Dalam sambutannya, Ustaz Akhmad Hanafi membacakan keputusan Kementerian Agama RI tentang izin penyelenggaraan Prodi Ilmu Hadis.

“Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 227 tahun 2024 tentang izin penyelenggaraan Program Studi Ilmu Hadis untuk program sarjana pada STIBA Makassar. Dengan rahmat Tuhan Yang Mahaesa, Menteri Agama Republik Indonesia memutuskan, menetapkan izin penyelenggaraan Prodi Ilmu Hadis untuk program sarjana pada STIBA Makassar,” ucapnya.

Ustaz Akhmad Hanafi juga menambahkan bahwa Prodi Ilmu Hadis adalah prodi keempat di STIBA Makassar yang telah direncanakan sejak 10 tahun lalu namun baru terealisasi pada tahun 2024.

Webinar yang diadakan secara hybrid ini berlangsung di Masjid Anas bin Malik STIBA Makassar dan dibuka oleh Ketua Harian DPP Wahdah Islamiyah, Ustaz Dr. Rahmat Abdurrahman, Lc., M.A. Dalam sambutannya, Ustaz Rahmat menyatakan bahwa DPP Wahdah Islamiyah akan selalu mendukung lembaga-lembaga pendidikan di bawah naungannya, termasuk STIBA Makassar.

“DPP terus mendorong alih status dari sekolah tinggi menjadi institut. Mudah-mudahan bisa segera terwujud,” katanya.

Ustaz Rahmat juga menekankan bahwa penambahan jumlah prodi akan memberikan lebih banyak pilihan bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar di STIBA Makassar.

“Dengan bertambahnya jumlah prodi, kita bisa memberikan lebih banyak pilihan kepada calon mahasiswa dan mahasiswi,” lanjutnya.

Ia juga menambahkan bahwa penambahan prodi ini penting untuk memenuhi kebutuhan dakwah yang dilakukan oleh Wahdah Islamiyah dari berbagai disiplin ilmu.

“Semakin banyak prodi, semakin banyak pilihan. Kita memerlukan para pejuang dakwah dari berbagai disiplin ilmu,” harapnya.

Ustaz Rahmat berharap Prodi Ilmu Hadis yang baru dibuka ini dapat menjadi prodi unggulan di STIBA Makassar.
Webinar Hadis Internasional ini menghadirkan tiga sesi yang dibawakan oleh ulama dan ahli hadis terkemuka.

Pada sesi pertama, Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D., dosen Ilmu Hadis STIBA Makassar dan Ketua Dewan Syariah Wahdah Islamiyah, menjadi narasumber dengan topik “Peran Hadis dalam Menghadapi Tantangan Kontemporer dan Kedudukannya dalam Kehidupan Muslim”. Dalam sesi ini, ia mengulas pentingnya hadis dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana hadis dapat menjadi panduan dalam menghadapi berbagai tantangan zaman modern.

Dilanjutkan dengan sesi kedua yang menghadirkan Syekh Hamid Akram Bukhari, seorang ulama hadis dari Kota Madinah dan muqri‘ di Masjid Nabawi. Topik yang diangkat adalah “Pentingnya Menuntut Ilmu Hadis dan Melakukan Perjalanan untuknya di Masa Kini”. Dalam sesi ini, Syekh Hamid menekankan pentingnya mencari ilmu hadis, termasuk melakukan perjalanan untuk menimba ilmu dari para ulama. Sesi ini diterjemahkan oleh Ustaz Surahman Yatie, Lc., M.Ag.

Sesi terakhir diisi oleh Syekh Prof. Dr. ‘Awwad bin Humaid al-Ruwaitsi, seorang ulama hadis dari Kota Madinah dan Guru Besar Ilmu Hadis di Universitas Islam Madinah (UIM). Ia membawakan topik “Panduan Metodologis untuk Pengajar dan Pelajar Ilmu Hadis”. Dalam presentasinya, Syekh ‘Awwad memberikan panduan metodologis yang komprehensif bagi para pengajar dan pelajar ilmu hadis agar dapat mempelajari dan mengajarkan hadis dengan metode yang benar. Sesi ini diterjemahkan oleh Ustaz Rachmat Badani Tempo, Lc., M.A.

Loading