(STIBA.ac.id) Makassar – P2B STIBA Makassar kembali menyelenggarakan Pelatihan Penerjemahan Kitab setelah vakum selama beberapa tahun. Kegiatan terakhir kali diadakan pada tahun 2019.

P2B di bawah pimpinan Andi Muh Arash terus berupaya meningkatkan kualitas bahasa Arab mahasiswa melalui berbagai macam usaha, salah satunya melalui kegiatan pelatihan ini yang dilaksanakan di Lantai 4 Rektorat STIBA (15/06/2024).

Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 WITA dan diawali dengan sambutan dari Uztaz Muhammad Ihsan Dahri, S.H., M.H. selaku Pembina P2B yang sekaligus membuka jalannya kegiatan.

Daurah dengan tema “Menjadi Penerjemah di Jalan Dakwah” ini dihadiri oleh para mahasiswa dari semester 6-8 dengan penuh antusias dan perhatian untuk meraih ilmu yang bermanfaat dan dapat diamalkan di medan dakwah kelak.

Ustaz Dr. Muh. Ihsan Zainuddin, Lc., M.Si., selaku pemateri pada daurah kali ini memulai materi dengan pertanyaan kepada hadirin, “Mengapa kita mesti menerjemahkan?” Ia menjelaskan bahwa penerjemahan adalah senjata penakluk Islam dan menerjemahkan adalah ilmu yang urgen.

“Peradaban tidak akan maju tanpa adanya ilmu. Dan berbicara tentang ilmu pasti berkaitan dengan sumbernya, dan pasti berkaitan dengan bahasa asing yang perlu diterjemahkan,” ujarnya.

Para mahasiswa yang telah mengikuti daurah ini diharapkan mampu mengamalkan apa yang telah dipelajari, yaitu cara menerjemahkan kitab dengan baik dan benar.

“Kami harap kepada peserta yang telah meluangkan waktunya dalam kegiatan kali ini agar ke depannya ilmu yang telah didapatkan dari kegiatan ini dapat memberikan sumbangsih kepada umat kelak,” ujar M. Adam selaku ketua panitia kegiatan.

Reporter: Ihsan Hidayatullah

Loading