: info@stiba.ac.id | : (0411) 4881230

Dari STIBA Menuju Universitas Qassim

qassimUniversitas Qassim merupakan universitas yang berada di provinsi Qassim Saudi Arabia, tepatnya di pertengahan jazirah Arab. Universitas ini dapat dikatakan pemula dalam penerimaan mahasiswa asing. Meski demikian, universitas ini terus berbenah dan mengembangkan sayapnya sebagai salah satu universitas terbaik di Saudi. Dan sebagai langkah awal, Universitas Qassim menerima mahasiswa asing dengan kuota tertentu dari beberapa negara, seperti Amerika, Inggris, Cina, Cosova, Prancis, Rusia, Filipina, dan tentunya Indonesia.

Sebanyak 13 pelajar asal Indonesia di akhir tahun 2013 lalu dinyatakan lulus di Universitas Qassim KSA. Menyandang status sebagai angkatan pertama dari Indonesia di Universitas Qassim, 13 pelajar nusantara ini  berusaha memberikan citra dan gambaran yang baik kepada masyarakat Saudi khususnya warga Universitas Qassim terhadap penduduk Indonesia. Delapan dari mereka merupakan mahasiswa STIBA Makassar yang telah mendapatkan rekomendasi dari Ketua STIBA untuk melanjutkan studi ke Universitas Qassim.

Universitas Qassim sendiri membuka beberapa fakultas dan jurusan dengan konsentrasi bidang agama dan teknologi. Bagi mahasiswa yang belum memiliki dasar bahasa Arab diwajibkan untuk melewati tahap pembelajaran bahasa Arab selama empat semester dan dapat melanjutkan studi ke jenjang kuliah jika memperoleh catatan nilai minimal jayyid jiddan.

Proses belajar mengajar di Universitas Qassim sama halnya dengan universitas lain, namun yang ditonjolkan adalah kajian-kajian Islam ilmiah luar universitas yang merupakan ciri khas dari provinsi Qassim khususnya kota Buraydah. Pembina Asrama-pun mewajibkan mahasiswa binaan untuk ikut serta dalam kajian tersebut. Bagi asrama khusus Asia (Indonesia, Cina, Filipina) diwajibkan untuk mengikuti kajian yang telah terjadwal, seperti kajian Umdatul Ahkam, Hadist Arbain, Tafsir dan Ushul Tafsir, Mushthalah Hadits, Sirah, Halaqah Tahfidz, dll. Dengan harapan mahasiswa dapat kembali ke negara masing-masing dengan memberikan pengabdian yang nyata berupa pemenuhan kebutuhan masyarakat akan ilmu dan ulama. [Usamah-Qassim University KSA/1435].

5 thoughts on “Dari STIBA Menuju Universitas Qassim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


no-image