QURANTahukah Anda shahabiyah yang bernama Khaulah binti Tsa’labah?
Khaulah binti Tsa’labah adalah seorang shahabiyah yang mulia yang berasal dari kaum Anshor, dan beliau adalah isteri sahabat sang mujahid Aus bin Shamit radhiyallahu ‘anhu, saudara dari sahabat pemberani Ubadah bin Shamit radhiyallahu ‘anhu. Khaulah radhiyallahu ‘anha terkenal dengan kesabaran dan keimanannya, yang dengannya diturunkan surat Al Mujadilah.

Khaulah adalah salah seorang di antara wanita-wanita yang menguasai balaghah (keindahan tata bahasa), fashahah (kefasihan berbicara), dan kecantikan. Dia hidup bersama suaminya dalam keadaan miskin papa, tapi dia merasa bahagia dan rida dengan apa yang telah diberikan oleh Allah kepadanya. Suatu hari, ketika dia sedang melaksanakan shalat dengan rukuk dan sujud, tiba-tiba suaminya datang dan bermain dengannya, maka dia pun lari darinya. Aus marah, maka dia mengharamkan (menggauli) Khaulah sebagaimana diharamkannya ibunya atasnya. Dan ia pun mengatakan kepada istrinya perkataan jahiliyah, “Kedudukanmu bagiku sama dengan punggung ibuku”. Dan perkataan seperti dikenal pada masa jahiliyah sebagai bentuk talak yang paling keras, di mana suami tidak mungkin lagi rujuk kepada istrinya, yang dikenal (dalam istilah fiqhi) dengan dzhihar.

Betapa hati Khaulah sangat sedih mendengarkan perkataan itu. Dia mendatangi Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sambil mengeluhkan sumpah suaminya, “Sesungguhya Aus menikahiku ketika aku masih gadis yang menarik, akan tetapi setelah aku telah tua, dan melahirkan banyak anak, dia menjadikanku seperti ibunya. Sementara aku memiliki banyak anak darinya yang masih kecil, yang mana kalau dia mengambil hak asuh atas mereka maka mereka akan terlantar, dan kalau aku yang mengambilnya maka mereka akan kelaparan. Dia telah memakan hartaku, dan menghabiskan masa mudaku, sampai ketika aku pun manjadi tua dan masuk masa menopause diapun men-dzhiharku.”

Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata, “Dan dia terus saja mengeluh kepada Rasulullah sampai-sampai aku pun menangis, dan begitu juga ahlu bait yang hadir karena kasihan dan iba dengannya. Ketika dia masih dalam keadaan seperti itu di hadapan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sambil mengeluh kepadanya, maka turunlah wahyu kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Sementara nyawa Khaulah seolah-olah mau keluar karena takut turun wahyu untuk memisahkannya dengan suaminya dan perintah untuk jatuhnya talak.

Dan setelah wahyu turun, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memberikan kabar gembira kepadanya, sembari tersenyum beliau bersabda, “Wahai Khaulah! Dia berkata, “Iya, wahai Rasulullah.” Lalu bangkit dengan penuh kegembiraan. Maka Rasulullah pun tersenyum lalu bersabda, “Allah telah menurunkan wahyu berkaitan dengan urusanmu dan suamimu.” Lalu beliau membaca firman Allah (QS. Al-Mujadilah: 1-4).

قَدْ سَمِعَ اللَّهُ قَوْلَ الَّتِي تُجَادِلُكَ فِي زَوْجِهَا وَتَشْتَكِي إِلَى اللَّهِ وَاللَّهُ يَسْمَعُ تَحَاوُرَكُمَا ۚ إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ بَصِيرٌ
Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan wanita yang  mengajukan gugatan kepada kamu tentang suaminya, dan mengadukan (halnya) kepada Allah. Dan Allah mendengar soal jawab antara kamu berdua. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.
الَّذِينَ يُظَاهِرُونَ مِنْكُمْ مِنْ نِسَائِهِمْ مَا هُنَّ أُمَّهَاتِهِمْ ۖ إِنْ أُمَّهَاتُهُمْ إِلَّا اللَّائِي وَلَدْنَهُمْ ۚ وَإِنَّهُمْ لَيَقُولُونَ مُنْكَرًا مِنَ الْقَوْلِ وَزُورًا ۚ وَإِنَّ اللَّهَ لَعَفُوٌّ غَفُورٌ
Orang-orang yang menzhihar isterinya di antara kamu, (menganggap isterinya sebagai ibunya, padahal) tiadalah isteri mereka itu ibu mereka. Ibu-ibu mereka tidak lain hanyalah wanita yang melahirkan mereka. Dan sesungguhnya mereka sungguh-sungguh mengucapkan suatu perkataan mungkar dan dusta. Dan sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun.
وَالَّذِينَ يُظَاهِرُونَ مِنْ نِسَائِهِمْ ثُمَّ يَعُودُونَ لِمَا قَالُوا فَتَحْرِيرُ رَقَبَةٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَتَمَاسَّا ۚ ذَٰلِكُمْ تُوعَظُونَ بِهِ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ
Orang-orang yang menzhihar isteri mereka, kemudian mereka hendak menarik kembali apa yang mereka ucapkan, maka (wajib atasnya) memerdekakan seorang budak sebelum kedua suami isteri itu bercampur. Demikianlah yang diajarkan kepada kamu, dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَصِيَامُ شَهْرَيْنِ مُتَتَابِعَيْنِ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَتَمَاسَّا ۖ فَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَإِطْعَامُ سِتِّينَ مِسْكِينًا ۚ ذَٰلِكَ لِتُؤْمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ ۚ وَتِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ ۗ وَلِلْكَافِرِينَ عَذَابٌ أَلِيمٌ
Barangsiapa yang tidak mendapatkan (budak), maka (wajib atasnya) berpuasa dua bulan berturut-turut sebelum keduanya bercampur. Maka siapa yang tidak kuasa (wajiblah atasnya) memberi makan enam puluh orang miskin. Demikianlah supaya kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan itulah hukum-hukum Allah, dan bagi orang kafir ada siksaan yang sangat pedih.

Kemudian Rasulullah bersabda kepadanya, “Perintahkan (suamimu) untuk memerdekakan budak.” Maka dia berkata, “Budak apa? Demi Allah dia tidak memiliki budak begitu juga tidak memiliki pembantu selain saya.”
Maka belia bersabda, “Perintahkan kepadanya untuk berpuasa selama 2 bulan berturut-turut.” Maka dia berkata, “Demi Allah wahai Rasulullah sesungguhnya boleh jadi dia minum dalam sehari begini dan begini lalu sekali begini (menunjukkan seringnya minum), dan penglihatannya sudah hilang bersamaan dengan lemahnya fisiknya.”
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “(Kalau begitu) perintahkanlah dia untuk memberi makan kepada 60 org miskin 1 wasaq dari kurma.”
Maka Khaulah berkata, “Demi Allah, wahai Rasulullah dia tidak memiliki hal itu.”
Maka Rasulullah pun bersabda, “Maka kami akan membantunya dengan sebagian kurma.”
Maka khaulah berkata, “Dan saya demi Allah akan membantunya dengan sebagian yang lain.”
Maka Rasulullah bersabda kepadanya, “Bagus dan benarlah Anda, silakan beranjak dan bersedekahlah untuknya, berwasiatlah kepada sepupumu dengan kebaikan.”
Maka dia berkata, “Saya segera melakukannya.”

Suatu hari ketika Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu keluar dari rumahnya pada masa kekhalifahannya, dia dihentikan oleh Khaulah dalam waktu lama lalu menasihatinya, “Wahai Umar, engkau pernah dipanggil dengan sebutan Umair (Umar kecil) kemudian dipanggil Umar kemudian dipanggil dengan gelar Amirul mukminin. Maka takutlah kepada Allah wahai Umar karena sesungguhnya barangsiapa yang yakin dengan kematian maka dia akan takut ketinggalan (untuk tidak beramal), dan barangsiapa yang percaya dengan hisab, maka dia akan takut dengan azab.”
Sementara itu Umar radiyallahu anhu berdiri mendengarkan perkataannya dengan khusyuk, lalu ada yang bertanya kepadanya, “Wahai Amirul mukminin, mengapa Anda begitu bersabar mendengarkan wanita tua ini?”
Maka Umar berkata, “Demi Allah, seandainya dia menahan saya dari pagi sampai sore (untuk mendengarkan ucapannya) maka saya tidak akan beranjak, kecuali untuk melaksanakan shalat wajib.” Kemudian dia bertanya kepada mereka, “Tahukah kalian siapakah wanita tua ini?” Meraka menjawab, “Tidak tahu.” Umar berkata, “Dia adalah wanita yang perkataannya didengarkan oleh Allah di atas langit yang ke tujuh… Apakah Allah Tuhan semesta alam mendengarkan perkataannya sementara Umar tidak mendengarkannya?”

Diterjemahkan oleh Ustadz Ashri Muhammad Shaleh, Lc. dari artikel berbahasa Arab berikut ini:

 

هل تعلمون من هي الصحابية خولة بنت ثعلبة؟؟؟؟
خولة بنت ثعلبة صحابية جليلة من الأنصار، وزوجة الصحابي المجاهد أوس بن الصامت، أخ الصحابي البطل عبادة بن الصامت، وقد اشتهرت خولة بأنها الصحابية الصابرة المؤمنة، التي نزلت فيها سورة المجادلة.

كانت خولة من ربات البلاغة والفصاحة والجمال، وعاشت مع زوجها حياة فقيرة معدمة، ولكنها كانت سعيدة وراضية بما قسمـه الله لها، وذات يوم وبينما خولة تصلي راكعة ساجدة، وما إن أنهت صلاتها حتى جاءها زوجها أوس مداعباً، فنفرت منه، فاحتار وتملّكه الغضب، فحرّمها على نفسه كما حُرّمت عليه أمه، وقال لها قول الجاهلية:
أنت عليّ كظهر أمي”، وكان هذا القول في الجاهلية أشد أنواع الطلاق، إذ لا رجعة للزوجة فيه إلى زوجها، وعُرف باسم (الظهار).
فلما سمعت خولة هذا القول من زوجها تألّمت كثيراً، وذهبت إلى الرسول الكريم صلى الله عليه وسلم، شاكية إليه يمين زوجها، قائلة له:
إن أوساً تزوجني وأنا شابة مرغوب فيَّ، وبعد أن كبرتْ سني، ونثرتُ له ما في بطني، وكثُر ولدي، جعلني كأمّه، ولي منه صِبْيَةٌ صغار، إن ضمّهم إليه ضاعوا، وإن ضممتُهم إليّ جاعوا، أكلَ مالي، وأفنى شبابي، حتى إذا كبرتْ سنّي وانقطع ولدي، ظاهَرَ مني…”
قالت عائشة رضي الله عنها: ولم تزل تشتكي إلى رسول الله حتى بكيت وبكى من كان معنا من أهل البيت رحمة لها ورقة عليها، فبينما هي كذلك بين يدي رسول الله صلى الله عليه وسلم تكلمه، نزل عليه الوحي، ونفسُ خولة تكاد تخرج خوفاً من أن تنزل الفرقة والأمر بالطلاق.
وبعد أن نزل الوحي سُرّيَ عن رسول الله صلى الله عليه وسلم وهو يبتسم وقال:
يا خولة! قالت: لبيك، ونهضت إليه قائمة بفرح، فتبسّم رسول الله صلى الله عليه وسلم ثم قال:أنزل الله فيك وفيه، -أي زوجها- ثم تلا عليها قوله تعالى:
قَدْ سَمِعَ اللَّهُ قَوْلَ الَّتِي تُجَادِلُكَ فِي زَوْجِهَا وَتَشْتَكِي إِلَى اللَّهِ وَاللَّهُ يَسْمَعُ تَحَاوُرَكُمَا إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ بَصِيرٌ* الَّذِينَ يُظَاهِرُونَ مِنْكُمْ مِنْ نِسَائِهِمْ مَا هُنَّ أُمَّهَاتِهِمْ إِنْ أُمَّهَاتُهُمْ إِلا اللائِي وَلَدْنَهُمْ وَإِنَّهُمْ لَيَقُولُونَ مُنْكَرًا مِنَ الْقَوْلِ وَزُورًا وَإِنَّ اللَّهَ لَعَفُوٌّ غَفُورٌ* وَالَّذِينَ يُظَاهِرُونَ مِنْ نِسَائِهِمْ ثُمَّ يَعُودُونَ لِمَا قَالُوا فَتَحْرِيرُ رَقَبَةٍ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَتَمَاسَّا ذَلِكُمْ تُوعَظُونَ بِهِ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ* فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَصِيَامُ شَهْرَيْنِ مُتَتَابِعَيْنِ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَتَمَاسَّا فَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَإِطْعَامُ سِتِّينَ مِسْكِينًا ذَلِكَ لِتُؤْمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَتِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ وَلِلْكَافِرِينَ عَذَابٌ أَلِيمٌ  (سورة المجادلة 1– 4).

ثم قال لها رسول الله صلى الله عليه وسلم: مُريه أن يعتق رقبة.
فقالت: وأي رقبة؟ والله ما يجد رقبة وما له خادم غيري.
فقال لها: مُريه فليصم شهرين متتابعين.
فقالت:
والله يا رسول الله ما يقدر على ذلك، إنه ليشرب في اليوم كذا وكذا وكذا مرة، وقد ذهب بصره مع ضعف بدنه.
قال: مُريه فليطعم ستين مسكيناً وَسْقاً من تمر.
قالت: والله يا رسول الله ما ذاك عنده.
فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم:
فإنّا سنعينه بعرق من تمر.
فقالت: وأنا والله سأعينه يا رسول الله بعرق آخر.
فقال لها الرسول صلى الله عليه وسلم:
أحسنتِ وأصبتِ فاذهبي وتصدَّقي عنه، واستوصي بابن عمك خيراً.
قالت: فعلت“.

وذات يوم وبينما كان عمر بن الخطاب رضي الله عنه خارجاً من منزله أيام خلافته استوقفته خولة طويلاً ووعظته قائلة له:
يا عمر، كنت تدعى عُمَيْراً، ثم قيل لك عمر، ثم قيل لك يا أمير المؤمنين.. فاتّق الله يا عمر.. فإن من أيقن بالموت خاف الفوت، ومن أيقن بالحساب خاف العذاب..
وعمر رضي الله عنه واقف يسمع كلامها بخشوع، فقيل له:
يا أمير المؤمنين، أتقف لهذه العجوز هذا الوقوف كله؟!
فقال عمر:
والله لو حبستني من أول النهار إلى آخره ما زلت “إلا للصلاة المكتوبة“.
ثم سألهم: أتدرون من هذه العجوز؟
قالوا: لا.
قال رضي الله عنه:
هي التي قد سمع الله قولها من فوق سبع سماوات.. أفيسمع رب العالمين قولها ولا يسمعه عمر؟!!”
رضي الله تعالى عنه وأرضاه وأرضاها.،،، هذا الذي يستحق ان يقال عنه من اروع ما قرأت اليست تستحق التأمل والنشر ؟

Loading

Tinggalkan Balasan