zaitn

Ahad, 29 Rajab 1436 H (18/5) main hall Celebes Convention Centre (CCC) yang beralamat di Jalan Metro Tanjung Makassar dipadati sekira 7.000-an jamaah yang seluruhnya adalah laki-laki. Hari itu, Ormas Wahdah Islamiyah menggelar Majelis Akbar Relawan Qur’an, sebuah upaya yang dilakukan sekelompok relawan dari berbagai elemen masyarakat untuk lebih membumikan al-Qur’an di nusantara.

Majelis Akbar ini diawali dengan pembacaan kitab suci Alquran oleh salah seorang guru besar Universitas Ummul Quro Saudi Arabia, Prof. Dr. Isa al-Masmili hafizhahullah dan dibuka secara resmi oleh Walikota Makassar Ir. H. Moh. Ramdhan Pomanto sekaligus melantik perwakilan tujuh elemen masyarakat Relawan Qur’an.

Ketua Umum Wahdah Islamiyah Ustadz DR. Muhammad Zaitun Rasmin, Lc., M.A. selain memberikan kata sambutan di awal acara juga sebagai narasumber utama dengan membawakan materi Alquran Solusi Abadi. Sementara narasumber kedua Ustadz Harman Tajang, Lc., M.H.I. membawakan materi 1 Jam Tuntas Ummul Qur’an. Pada sesi ini, dosen Alquran dan tafsir di STIBA Makassar ini secara singkat menjelaskan cara membaca Surah al-Fatihah yang sesuai dengan hukum-hukum tajwid yang benar.

Usai pemaparan dari Ustadz Harman Tajang, para mentor al-Fatihah yang berjumlah ratusan orang kemudian mengambil alih tahsinul qira’ah ini dengan membagi para peserta dalam beberapa kelompok kecil. Sebanyak 300 kelompok terbentuk pada kesempatan itu dan akan dilanjutkan pada pertemuan-pertemuan selanjutnya.

STIBA Makassar sendiri telah menurunkan 200-an lebih mahasiswanya untuk menjadi mentor Surah al-Fatihah dalam kesempatan ini. Tugas mereka selanjutnya adalah menjadi pembina-pembina bagi para siswa di sekolah-sekolah menengah atas yang ada di kota Makassar, sebagaimana disebutkan dalam salah satu poin MoU dengan Dinas Pendidikan yang penandatanganannya juga dilaksanakan pada kesempatan Majelis Akbar ini.

rq6 rq8rq9 rq5 rq4 rq12IMG_1104 IMG_1117rq3rq1

 

Loading

Tinggalkan Balasan