WhatsApp Image 2017-04-30 at 16.56.46 (1)

Bulan suci Ramadhan tak lama lagi menyapa kita. Sebagai muslim, kita menyambut dengan semangat dan sukacita, di mana bulan yang identik dengan ibadah puasa ini dipenuhi berkah dan pengampunan.

Atas dasar inilah, STIBA Makassar menggelar Tabligh Akbar bertajuk “Apa yang telah kau persiapkan untuk menyambut Ramadhan?” Kegiatan yang berlangsung Ahad pagi (30/4) di Masjid Raya Baruga 1 ini dihadiri ratusan peserta dari berbagai kalangan.

Syaikh Abdullah bin Hamad Az-Zaidany,  salah seorang ulama Kerajaan Arab Saudi hadir sebagai pemateri utama, didampingi ustadz Muhammad Said Abd. Shamad, Lc. sebagai penerjemah.

Syaikh membuka materi dengan mengungkapkan persiapan menyambut tamu Agung ini. Selain memperbanyak puasa di bulan Sya’ban ini khususnya, juga memperbanyak taubat dan bacaan Al-qur’an dalam membiasakan diri dalam pergulatan berbagai jenis Ibadah.

Menurut syaikh, setidaknya dua faedah penting mengapa perlu mempersiapkan diri. Beliau mengungkapkan bahwa selain ketika memasuki Ramadhan sudah tidak merasa berat dalam kuantitas ibadah yang semakin banyak, juga kita menjumpai Ramadhan dalam keadaan bersiap memaksimalkan kualitas ibadah.

Syaikh menambahkan, sebagai muslim tentunya pengetahuan seputar Ramadhan lebih khusus ibadah puasa dan qiyamullail perlu dimiliki sebelumnya. Juga tentunya memperbanyak doa kepada Allah agar dipertemukan dengan bulan suci ini.

Sebagai penutup, syaikh menyebutkan ibadah yang dianjurkan dalam bulan suci Ramadhan. Selain qiyamullail, juga memperbanyak membaca Al-Qur’an, bersedekah, i’tikaf dan berumrah bagi yang memiliki kemampuan finansial. Kemudian syaikh menjelaskan beberapa hal berkaitan dengan ibadah puasa dan hal-hal yang membatalkannya.

Di akhir acara dibuka sesi tanya jawab, yang dimanfaatkan oleh peserta untuk mengambil faedah sebesar-besarnya dengan hadirnya ulama yang juga murid senior dari Syaikh al-Utsaimin—rahimahullah. (Muh. Ihsan Dahri_Infokom BEM)

Loading

Tinggalkan Balasan