Rabu, 12 Juli 2017

Kepala LPM Hadiri Workshop Penyusunan Bahan Ajar Laboratorium Dakwah PTKI

sofyan

stiba.ac.id – Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) STIBA Makassar Ustadz Sofyan Nur, Lc., M.Ag. menghadiri Workshop Penyusunan Bahan Ajar Laboratorium Dakwah PTKI. Acara yang digelar oleh Pusat Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI ini berlangsung selama tiga hari, Rabu hingga Sabtu, 7-9 Juni 2017, bertempat di Hotel Grand Clarion Makassar.

Menurut Ustadz Sofyan, acara ini diselenggarakan dalam rangka menyempurnakan draf bahan ajar laboratorium dakwah yang telah disusun sebelumnya pada workshop yang sama di Jogjakarta tahun 2016 lalu.

Bahan ajar ini disusun sebagai pedoman pembelajaran laboratorium dakwah  pada setiap PTKI dengan jurusan atau prodi non dakwah. Sehingga diharapkan nantinya alumni jurusan atau prodi non dakwah juga memiliki skill berdakwah sebagaimana lazimnya alumni jurusan atau prodi dakwah,” ujarnya.

Acara ini dihadiri oleh 70 orang peserta yang terdiri dari utusan PTKI, Kanwil Kemenag Sulsel, Kadis Kemenag Makassar, MUI dan Ormas Islam.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag, Prof. Dr. H. Abd Rahman Mas’ud, Ph. D. dan dilanjutkan esok harinya, Kamis dengan pemaparan bahan ajar laboratorium dakwah oleh tim penyusun yang terdiri dari Tim Puslitbang Kemenag di bawah koordinator Prof . Dr. Qawaid, M.A., serta tim ahli Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati Bandung yang diwakili oleh Dr. Enjang dan Encep Dulwahab, M.Ag.

Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dr. Mansur, M.Ag ketua STAI DDI Sidrap dan Dr. Abd Rasyid Masri, M.Ag., M.Si., M.M., dekan Ffakultas Dakwah UIN Alauddin Makassar. Acara lalu dilanjutkan dengan pembahasan draf melalui rapat komisi di mana peserta dibagi dalam tiga komisi. Lalu ditutup dengan pemaparan materi dari Kepala Pusat Litbang dan Diklat Kemenag Prof. Dr. Amsal Bakhtiar, M.A.

Jumat pagi, acara dilanjutkan dengan rapat pleno dan penutupan. Acara ditutup oleh Kepala Bidang Litbang dan Diklat  Pendidikan Agama dan Keagamaan Kemenag RI Dr. Nuruddin.