: info@stiba.ac.id | : (0411) 4881230

Kuliah Perdana, Ustaz Yusran Ungkap Manfaat Liburan

 

(STIBA.ac.id) Makassar –  Di antara manfaat liburan adalah untuk menghilangkan kejenuhan. Khususnya bagi seorang aktivis, maka setelah liburan dapat melahirkan semangat baru. Hal ini diungkapkan oleh Ketua STIBA Makassar Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D. ketika memberikan sambutan dalam Haflah Iftitah atau Kuliah Perdana, Senin,  24 Rabiul Akhir 1440 H (31/12/2018).

“Inilah hikmah adanya waktu-waktu terlarang untuk shalat atau ibadah-ibadah tertentu. Sehingga ketika kita kembali melakukan ibadah itu maka kita memiliki semangat yang  baru lagi. Sama halnya dengan kuliah, aktivitas akademik, dan seterusnya,” kata Ustaz Yusran.

Ketua Dewan Syariah Wahdah Islamiyah ini juga menyampaikan pentingnya untuk terus menambah ilmu. Karena itu, dalam kuliah perdana dibahas masalah-masalah yang jarang ditemukan pembahasannya di kelas.

“Hari ini kita akan mendengarkan pemaparan tentang kontroversi dalam sejarah dari pakarnya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ustaz Yusran kembali mengingatkan para mahasiswa tentang tahun baru. “Malam nanti akan  banyak yang bertahun baru. Kita sudah tahu bagaimana menyikapinya. Karena itu, sebentar malam tidak ada mahasiswa yang beraktivitas di luar kampus,” tegasnya.

Ia kembali menegaskan dukungannya terhadap surat edaran gubernur Sulsel terkait larangan merayakan tahun baru. Demikian pula imbauan Kapolda Sulsel kepada para anggotanya. Dan terakhir adalah edaran dari walikota Makassar yang juga melarang perayaan tahun baru ini.

Di akhir sambutannya, Ustaz Yusran mengingatkan agar menjadikan pertambahan hari untuk terus muhasabah. Karena menurutnya, pergantian tahun atau bahkan pergantian hari menunjukkan bahwa masa kita di muka bumi makin sedikit. Karena itu, ia mengajak kepada seluruh dosen dan pengelola untuk menuntaskan setiap tugas dan amanah mereka.

“Selama kita masih dipercaya untuk mengemban amanah maka laksanakan. Sebab bisa saja Allah menggantikan kita atau mewafatkan kita,” pungkasnya.

Kuliah Perdana Semester Genap TA. 1439—1440 H/2018—2019 M yang dilaksanakan di Masjid Anas bin Malik ini diikuti oleh seluruh mahasiswa, dosen, dan pengelola STIBA Makassar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


no-image