APA KATA MEREKA TENTANG MA’HAD ALY AL WAHDAH MAKASSAR:

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله  عليه أفضل الصلاة وأتم التسليم.

لقد سعدت وسررت وتشرفت في هذا اليوم المبارك بزيارة جمعية الوحدة الإسلامية ومعهد الوحدة العالي, والتقيت بالقائمين عليه والدارسين به  وشعرت كأنني بين إخواني وأبنائي, وكانت سعادتي عظيمة حينما عرفت أن جميع المنتمين لهذه الجمعية يتكلمون اللغة العربية ويطمعون في الاستفادة القصوى من تعلم اللغة العربية والعلوم الإسلامية ولقد تطلعت على احتياجاتهم وأحوالهم.

أسأل الله للقائمين على هذه الجمعية والعاملين بها والطلبة الدارسين بها دوام التوفيق والنجاح

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

السفير/ عبد الرحمن محمد أمين الخياط

بسم الله الرحمن الرحيم

Saya sungguh senang dan bahagia pada hari ini yang penuh dengan keberkahan dapat mengunjungi Wahdah Islamiyah dan Mahad Ali al-Wahdah yang penuh keberkahan. Saya telah bertemu dengan para pengelola dan para mahasiswa yang merupakan bagian dari anak-anak dan saudara saya. Dan kebahagian saya bertambah ketika saya mengetahui bahwa seluruh civitas mahad ini mampu berbahasa arab. Mereka bersungguh-sungguh mengambil manfaat yang sangat besar dari penerapan bahasa arab dan ilmu-ilmu syar’i. Saya juga telah melihat kebutuhan-kebutuhan dan kondisi mereka.

Semoga Allah selalu memberikan taufik dan keberhasilan bagi seluruh pengelola mahad, pegawai dan mahasiswa.

Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuhu.

Abdurrahman Muhammad Amin Al-Khayyat

Dubes Arab Saudi untuk Indonesia

 

 

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله وحده والصلاة والسلام على من لا نبي بعده, وبعد:  

فإن المعهد العالي للدراسات الإسلامية واللغة العربية التابع لمؤسسة الوحدة الإسلامية بأوجونج باندانج بأندونيسيا بإشراف رئيس المؤسسة الشيخ محمد زيتون راسمين المتخرج من كلية الشريعة بالجامعة الإسلامية بالمدينة النبوية, هذا المعهد الذي بدأ منذ ثلاث سنوات تقريبًا يؤدي دورًا مهمًا في نشر منهج أهل السنة والجماعة –علما وعملا- في أندونيسيا عمومًا, والقائمون على المعهد -مدرسين وإداريين- من خريجي الجامعة الإسلامية ومعروفين لدي بالعلم والحرص على طلب العلم  والعمل به والدعوة إليه, وهم بحمد الله على منهج السلف الصالح في الاعتقاد والدعوة, نحسبهم كذلك ولا نزكي على الله أحدًا, وبإذن الله إن هذا المعهد سيكون له أهمية كبيرة وسيؤدي عملاً كبيرًا في تخريج طلبة علم ودعاة متسلحين بالعقيدة الصحيحة بإذن الله, وهذا المعهد بحاجة ماسة للدعم ماديًا ومعنويا بكل مايعنيه على أداء مهمته, ولطلب القائمين عليه أعطيت هذه التزكية, والله يزكي من يشاء.

وكتب   

                                      الدكتور: محمد بن مطر الزهراني     

                                      عضو هيئة التدريس بكلية الحديث بالجامية الإسلامية بالمدينة النبوية

                                      1 / 1 / 1422 هـ

 

 

Bismillahirrahmanirrahim

Segala puji bagi Allah, salam dan shalawat atas Rasulullah Shallallohu alaihi wasallam, yang tidak ada nabi setelahnya.

Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) ini di bawah naungan Yayasan Pesantren Wahdah Islamiyah  di Makassar yang dibina oleh Ketua Yayasan yang bernama Ustadz Muhammad Zaitun Rasmin alumni Universitas Islam, Fakultas Syariah di al-Madinah an Nabawiyyah.

Kurang lebih  tiga tahun lalu, secara umum Ma’had ini telah memberikan peran yang sangat penting di negeri Indonesia ini.  Para pengelola Ma’had baik para dosen, dan pegawai adalah para alumni Universitas Islam Madinah. Mereka adalah orang-orang yang saya kenal dari sisi keilmuan, dan semangat dalam menuntut ilmu, beramal dan berdakwah. Alhamdulillah mereka berada di atas manhaj salaf solih dalam aqidah dan dakwah.

Kami mengharapkan demikian adanya, dan bukan untuk mentazkiyah seseorang di hadapan Allah. Dengan izin Allah, mahad ini memiliki peran yang besar dan akan melakukan pekerjaan yang besar dalam mencetak para mahasiswa yang akan menjadi da’i dengan memiliki aqidah yang benar yang akan melakukan perbaikan.

Ma’had ini sangat membutuhkan bantuan baik moril maupun materil dengan segala apa yang dapat membantunya dalam menjalankan tugasnya.  Karena adanya permintaan dari para pengelola kepada saya, maka saya menuliskan rekomendasi kepada ma’had ini. Dan hanya Allah yang mentazkiyah siapa saja yang Dia kehendaki.    

Prof. DR. Muhammad Mathar al-Zahrani

Anggota Dewan Pengajar Fak Hadits Univ Islam Madinah di Madinah al-Munawarrah

1/1/1422 H.

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين , والصلاة والسلام على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين, أما بعد:

فقد تشرفت بزيارة معهد الوحدة العالي بمدينة ماكسر بأندنوسيا, واطلعت على خطته وبرامجه, والتقيت مع طلاب المعهد والمعلمين فيه, وسرني مارأيته, فهو يمثل محضنا للعلم والتربية, وتخريج جيل من الشباب والفتيات يتعلمون العلم الشرعي, ويمثلون هدي طالب العلم, وينشرون الدعوة إلى الله على علم وبصيرة.

إنه نموذج مضيء  يستحق الإشادة والدعم والتأييد.

وصلى الله وسلم على نبينا محمد وآله وصحبه

                                                          د. محمد بن عبد الله الدويش       

                                                          26 / 1 / 1432 هـ

                                                          1/1/2011م 

بسم الله الرحمن الرحيم

Segala puji bagi Allah, Rabb seru sekalian alam, teriring shalawat serta salam kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, untuk segenap keluarga beserta sahabat setia beliau.

Sungguh merupakan suatu kemuliaan untuk saya pribadi dapat berkunjung ke Ma’had ‘Aly Al-Wahdah di kota Makassar – Indonesia.

Saya telah membaca dan menelaah strategi dan program kerja Ma’had sekaligus berjumpa dengan mahasantri yang menimba ilmu disana serta para pengajar.

Amatlah menggembirakan apa yang telah saya saksikan di sana, bagi saya intitusi tersebut merupakan gambaran bagi sebuah tempat untuk menuntut ilmu dan pembinaan, mencetak generasi muda-mudi yang mempelajari ilmu Agama (syar’i) sekaligus mendalami metode dalam menuntut ilmu berikut menyebarkan dakwah di jalan Allah di atas dasar ilmu dan keterangan yang nyata.

Sungguh ia  merupakan teladan yang menerangi hingga layak mendapat apresiasi, bantuan dan dukungan.

Salam dan shalawat kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam beserta keluarga dan sahabatnya.

                                                                  

Dr. Muhammad bin Abdullah Ad-Duwaisy

26-1-1432 H / 1-1-2011 M

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله,  وبعد:

فقد يسر الله لي زيارة معهد الوحدة العالي لدراسة الفقه وأصوله بمدينة مكسَّر بأندونيسيا، وذلك يوم الثلاثاء  12/ 3/ 1432هـ، واستمتعت إلى شرح مفصل من مدير المعهد عن طريقة التدريس وعدد الفصول الدراسية، وكذلك عدد الطلاب من الجنسين، وكذلك زرت مكتبة المعهد الزاخرة بالمراجع الشرعية واللغوية والتاريخية والتفسير

نسأل الله لهم التوفيق والعون والسداد

وكتبه

د. فؤاد بن عبد الكريم العبد الكريم

مدير عام مركز باحثات لدراسات المرأة  بالدمام

 

 

Bismilahirrahmanirrahim

Segala puji bagi Allah, salam dan salawat atas rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Allah telah memudahkan saya dapat berkunjung di Ma’had ‘Ali al-Wahdah untuk Jurusan Fiqh dan Ushul Fiqhi di Makassar- Indonesia pada hari Selasa 12/3/1432 H.

Saya sangat senang mendengar penjelasan rinci dari Direktur Ma’had ini tentang metode pengajaran dan jumlah kelas pembelajaran. Demikian pula tentang jumlah mahasiswa dan mahasiswi. Saya juga telah mengunjugi perpustakaan Ma’had yang penuh dengan referensi-referensi ilmu syar’i, bahasa, sejarah dan tafsir.

Dr. Fuad bin Abdul Karim

Direktur Markaz Penelitian Ilmiah tentang persoalan wanita di kota Dammam KSA

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين, والصلاة والسلام على خاتم الأنبياء والمرسلين, أما بعد.

فقد زرت معهد, “ستيبا” المعهد العالي للدرسات الإسلامية واللغة العربية, وقد وجدت فيه جملة من المحاسن؛ أولها الالتزام بالمنهج الصحيح عقيدة وسلوكا, وكما وجدت كفايات علمية تقوم بالتدريس في هذا المعهد.

أسأل الله لي ولهم الثبات, وحسن القول والعمل.

وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين.

                                                                   أخوكم

                                                                   د. رشود بن محمد السلمي

                                                                   جامعة القصيم   

                                                                   كلية اللغة العربية والدراسات الاجتماعية     

                                                                   18 / 10 / 1430 هـ

 

 

Bismillahirrahmanirrahim

Segala puji bagi Rabb semesta alam, salam dan salawat atas penutup para Nabi dan Rasul.

Saya telah mengunjungi Ma’had STIBA (Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab), dan saya menemukan banyak kebaikan pada mahad ini, yang paling pertama adalah komitmen terhadap manhaj yang benar dalam aqidah dan akhlak. Saya juga menemukan kompetensi yang besar dalam bidang pengajaran di Ma’had ini.

Semoga Allah memberikan keistiqamahan kepada saya dan kepada mereka, kebaikan perkataan dan perbuatan.

Salam dan salawat atas nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, keluarga dan para sahabatnya.

Saudara kalian,

DR. Rusyud bin Muhammad al-Sulmi

Univ Qasim Saudi Arabia, Fak. Bahasa Arab dan Ilmu Sosial

18/10/1430 H                 

بسم الله الرحمن الرحيم

أما بعد فقد سررت كثيرًا بزيارتي للمعهد العالي بمدينة مكسَّر, ورأيت فيه من الصدق والإجتهاد والعمل الدؤوب ما يثلج صدور المحبين.

والمعهد يقدم رسالة سامية من تعليم العلم الشرعي والتربية على الأخلاق الإسلامية بأسلوب يقوم على الحكمة والبصيرة وحسن التعامل مع الآخرين.

ولعل هذه الزيارة تكون بداية لصور من التعاون المثمر بين المعهد وغيره من المؤسسات التعليمية في العالم الإسلامي … وأثلج صدري كثيرًا أن أرى طلاب الأمس أساتذة اليوم ومناهل العلم,

أسأل الله لهم المزيد, وصلى الله وسلم على نبينا محمد وآله وصحبه

كتب

الدكتور مصطفى مخدوم

جامعة طيبة بالمدينة المنورة

9 / 10 / 2010 م

Bismillahirrahmanirahim

Saya sangat senang dapat mengunjungi Ma’had ‘Ali al-Wahdah di kota Makassar. Dan saya melihat di dalamnya kebenaran, kesungguhan, dan amal kontinyu yang dapat menyejukkan hati-hati orang-orang yang mencintainya.  Ma’had ini telah memberikan misi yang mulia melalui pengajaran ilmu syar’i, tarbiyah akhlak Islamiyah dengan metode yang berpijak pada sikap hikmah, dan muamalah yang baik dengan orang lain.

Semoga kunjungan ini awal dari bentuk kerjasama yang memberikan hasil antara Ma’had dan yang lainnya dari yayasan-yayasan pendidikan di benua Islam. Hati saya sangat sejuk melihat para pengajar Ma’had dan sumber ilmu sekarang ini, yang mana dulunya mereka adalah mahasiswa-mahasiswa kami dan sekarang sudah menjadi dosen-dosen. Semoga Alah memberikan bagi mereka tambahan ilmu, salam dan salawat semoga tercurahkan kepada nabi kita Muhammad Shallallhu ‘Alaihi Wasallam, beserta keluarga dan para sahabatnya.

Dr. Mustafa Makhdum

Univ Thoyyibah di Madinah Munawarrah

9/10/2010 M


بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبته ومن والاه وبعد.

فقد زرت الإخوة في معهد الوحدة العالي بمكسر, وسرني ما رأيته من عمل وجهد وطلاب وإني أسال الله أن يبارك في جهود الإخوة وأن يتقبل أعمالهم وأن يوفقهم لكل خير, وللحق فقد رأيت في المعهد من الأفكار المنفذة ما لم أره عند غيرهم, فأوصيهم بالاستمرار على هذا الطريق, وقد آتت جهودهم بحمد الله بعض ثمارها, وتلك من عاجل بشرى المؤمن, كما أرى أن المعهد والقائمين عليه من أولى من ينبغي أن يدعموا لإكمال مسيرتهم حيث أنهم على منهج حسن, أحسبهم كذلك, والله حسيبهم ولا أزكي على الله أحدًا.

                                                                  
كتبه: د/عبد الله عبد العزيزالسبتي

                                                                  
السبت 21/ 5 / 1430هـ

Bismillahirrahmanirahim

Segala puji bagi Allah, salam dan shalawat atas Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, keluarga, dan para sahabatnya dan orang yang loyalitas kepada beliau.

Saya telah mengunjungi saudara-saudara saya di Ma’had ‘Ali al-Wahdah Makassar, dan yang membuat saya senang adalah apa yang saya telah saksikan berupa amalan dan kesungguhan  para mahasiswa. Semoga Allah memberikan keberkahan atas kesungguhan para pengelola Ma’had dan menerima segala amalan mereka serta memberikan taufik atas segala kebaikan mereka.

Demi Allah, sungguh saya telah melihat di Ma’had ini visi dan misi yang telah terealisasi, dimana belum pernah saya melihat selain mereka sebelumnya, maka saya memberikan wasiat kepada mereka untuk tetap istiqamah di jalan ini. Kesungguhan mereka telah memberikan–alhamdulillah- banyak hasil, dan ini adalah kesenangan yang disegerakan bagi orang mukmin.

Saya juga melihat bahwa Ma’had ini dan para pengelolanya adalah Ma’had dan orang-orang yang sangat pantas untuk mendapatkan bantuan untuk melanjutkan perjalanan mereka, karena mereka berada pada manhaj yang baik, saya harap demikian adanya, dan hanya Allah yang menilai mereka (dengan sebenar-benarnya), dan saya tidak berarti mentazkiah seseorang di hadapan Allah.

DR Abdullah Al-Aziz As-Sibti

Sabtu, 21/5/1430 H   


بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على أشرف المرسلين سيدنا محمد وعلى آله وأصحابه أجمعين,  وبعد:

لقد زرت معهد الوحدة العالي بمكاسر اليوم – الأحد الموافق السابع من ربيع الآخر 1432 هـ الموافق الثالث عشر من مارس 2011مـ. وقد كان في استقبالي إدارة المعهد وعلى رأسها مدير المعهد, وقد سررت بهذه الزيارة وذلك لما رأيته من الاهتمام باللغة العربية تعليما ونطقا, وأسأل الله تعالى أن يوفق الإخوة القائمين على هذا المعهد المبارك لما يحبه الله تعالى ويرضاه

محمد محمد أبو جمعة

مبعوث الأزهر الشريف/ مكاسر

Bismilahirrahmanirrahim

Segala puji bagi Rabb semesta alam, salam dan salawat atas pemimpin para rasul nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.

Saya telah mengunjungi Ma’had ‘Ali al-Wahdah di Makassar hari Ahad, tgl 7 Rabiul akhir 1432 H/13 Maret 2011 M. Saya telah disambut baik oleh civitas Ma’had yang diketuai oleh pimpinan Ma’had ‘Ali.

Saya sangat senang dengan ziarah ini karena saya telah melihat perhatian yang besar terhadap bahasa Arab baik pengajaran maupun penerapan.

Semoga Allah memberikan taufik kepada para pengelola Ma’had yang penuh berkah ini kepada apa yang Allah cintai dan ridhai.

Muhammad Muhammad Abu Jum’ah

Utusan Univ Al-Azhar asy-Syarif di Makassar


Loading

Tinggalkan Balasan