Hari Ahad, 10 Shafar 1434 H/23 Desember 2012 M, Masjid Darul Hikmah DPP Wahdah Islamiyah menjadi tempat diselenggarakannya Pengajian Kontemporer dengan tema “Studi Kritis Sekitar Perayaan Akhir Tahun” yang terselenggara atas kerja sama BEM Ma’had ‘Aly Al-Wahdah (STIBA Makassar) dan DPD Wahdah Islamiyah Makassar. Dengan sangat gamblang Syaikh Abdullah bin Salim al-Harbi menjelaskan seluk beluk perayaan-perayaan kaum di luar Islam serta asal muasalnya. Imam dan Khatib Masjid Ridwan Dammam, Kerajaan Saudi Arabia ini juga menjelaskan bagaimana seharusnya setiap muslim bersikap terhadap perayaan-perayaan di luar agama mereka.
Acara yang berlangsung sejak jam 9 pagi hingga adzan Zhuhur ini dipandu oleh Ust. Saifullah Anshar, Lc sebagai penerjemah. “Acara ini penting sekali, apalagi para pemuda yang sangat butuh penjelasan tentang bahayanya merayakan Ied (Hari Raya) orang-orang kafir”, tungkas Muh. Arsyad Bashri (20), salah seorang peserta serta Qari’ dalam pembukaan acara ini.
Materi-materi seperti ini sangat penting untuk selalu dikemukakan di tengah-tengah masyarakat, apalagi sebagian besar kaum muslimin tidak tahu sama sekali pandangan syariat terhadap perayaan-perayaan orang-orang kafir dan bahaya mengikutinya atau hanya sekedar menebarkan loyalitas seperti memberikan ucapan selamat atas perayaan-perayaan tersebut yang mereka kira adalah bentuk ramah-tamah khas bangsa ini atau bentuk toleransi beragama.
Hendaknya setiap muslim yang telah paham mengabarkan dan ‘mengkampanyekan’ penjelasan tentang bahayanya toleransi yang kebablasan dan bagaimana sikap yang seharusnya ditunjukkan seorang muslim terhadap perayaan-perayaan di luar agama mereka terhadap keluarga atau masyarakatnya. Cukuplah bagi kita kaum muslimin dengan 2 hari raya yang telah Allah ‘azza wa jalla pilihkan kepada kita. Dan hendaknya setiap pribadi muslim mengokohkan aqidahnya terutama aqidah al-wala wal bara’ (Loyalitas kepada sesama kaum muslimin dan Anti loyalitas terhadap selain mereka), dan hendaknya senantiasa memperbaiki mu’amalah terhadap mereka di dalam batas toleransi sebagaimana yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad shalalallahualaihiwasallam. *(FAL, BEM STIBA)

Dengar rekaman ceramah di sini

Loading

Tinggalkan Balasan