Ketua STIBA Jadi Narasumber 
Seminar Pendidikan Islami
di Kampus II UIN Alauddin



Sabtu, 10 Jumadal Akhirah 1434 H/20 April 2013 M, Ketua Sekolah Tinggi llmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar Ustadz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A. menjadi narasumber dalam Seminar Pendidikan Islami yang digelar di Auditorium Kampus II UIN Alauddin, Samata Gowa. Seminar bertema “Mewujudkan Kampus Berbasis Qur’ani” ini diadakan dalam rangka memperingati Semarak Muktamar I MPM UIN Alauddin.
Seminar yang berlangsung dari pukul 10.00 hingga menjelang Zhuhur ini dibuka oleh Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Natsir Siola, M.A., sekaligus membuka kegiatan. Dalam sambutannya, ia memberikan apresiasi terhadap pihak MPM dan bahwa kegiatan seminar semacam ini bisa terus dilakukan dan menjadi program tetap MPM ke depan.
Pada sesi pemaparan, Ustadz Muhammad Yusran Anshar yang tampil sebagai narasumber I mendapat amanah dari pihak panitia untuk membawakan tema “Membangun Pilar-pilar Kampus Qur’ani”. Dalam uraiannya, jebolan Fakultas Hadits Universitas Islam Madinah Saudi Arabia ini menjelaskan pentingnya kampus berbasis Qur’an. Setidaknya, beliau menyebutkan tujuh pilar pokok yang mesti ditegakkan untuk mewujudkan kampus berbasis Qur’an tersebut, di antaranya adalah:
1.    Tarbiyah bil-Qur’an
2.    Shalat Jama’ah
3.    Ukhuwah Islamiyah
4.    Lughah al-Qur’an(Bahasa Arab)
5.    Etika bergaul dan berpakaian
6.    Amar ma’ruf dan nahi mungkar
7.    Misi rahmatan lil ‘alamin
Menariknya, ternyata ketujuh pilar tersebut merupakan pilar-pilar yang selama ini telah berusaha ditegakkan di kampus yang beliau pimpin, STIBA Makassar.
Dr. Salehuddin Yasin, M.Pd., Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Kampus II UIN Alauddin yang tampil sebagai narasumber II membawakan tema “Aplikasi Kampus Qur’ani”. Sementara narasumber III, Prof. Dr. Arifuddin Ahmad, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Alauddin memaparkan tema “Peran Birokrasi Kampus dalam Mewujudkan Kampus Qur’ani.”

Tinggalkan Balasan