Transkrip Taklim Hadits Pekanan Ustadz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A.

(Setiap Kamis Bakda Magrib di Masjid Darul Hikmah DPP Wahdah Islamiyah

Dari Kitab al-Lu’lu’ wa al-Marjan fi Ma Ittafaqa ‘alaihi asy-Syaikhan

 اللؤلؤ والمرجان فيما اتفق عليه الشيخان

=========================================

باب السهو والسجود له

Bab Lupa pada Waktu Shalat dan Sujud Disebabkan Karena Lupa

 

Bab ini menerangkan, bagaimana atau apa yang seharusnya kita lakukan ketika kita terlupa dari shalat kita atau bagaimana tata cara sujud untuk menyempurnakan shalat kita yang sempat terlupa itu. Dalam membahas kitab ini Syaikh Muhammad Fu’ad Bin Abdul Baqi’ Rahimahullah penulis kitab al-Lu’lu’ wal Marjan fima Ittafaqa alaihisy Syaikhan mencantumkan empat hadits, kita mulai insya Allah dengan hadis yang pertama, yaitu:

حديث أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم: إِذَا نُودِيَ بِالصَّلاَةِ أَدْبَرَ الشَّيْطَانُ وَلَهُ ضُرَاطٌ حَتَّى لاَ يَسْمَعَ الأَذَانَ، فَإِذَا قُضِيَ ْالأَذَانُ أَقْبَلَ، فَإِذَا ثُوِّبَ بِهَا أَدْبَرَ، فَإِذَا قُضِيَ التَّثْوِيبُ أَقْبَلَ، حَتَّى يَخْطِرَ بَيْنَ الْمَرْءِ وَنَفْسِهِ، يَقُولُ اذْكُرْ كَذَا وَكَذَا، مَا لَمْ يَكُنْ يَذْكُرُ، حَتَّى يَظَلَّ الرَّجُلُ إِنْ يَدْرِي كَمْ صَلَّى فَإِذَا لَمْ يَدْرِ أَحَدُكُمْ كَمْ صَلَّى، ثَلاَثًا أَوْ أَرْبَعًا، فَلْيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ

  • “Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu beliau mengatakan, ’Rasulullahi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Jika dipanggil untuk shalat (jika adzan dikumandangkan untuk shalat), maka setan akan mundur ke belakang (lari ke belakang menghindari adzan tersebut) dan sambil berlari dia akan kentut dengan suara yang keras hingga tidak mendengarkan adzan. Setelah adzan dikumandangkan setan itu datang kembali dan jika iqamat, maka dia kembali ke belakang, dan kala selesai iqamat maka dia mendekat lagi. Hingga seseorang akan selalu merasa was-was dan tidak khusyuk (terganggu dengan jiwanya). Setan akan mengatakan ingat ini dan ingat itu. Apa yang sebelumnya dia tidak pernah mengingatnya, hingga seseorang tidak tau berapa rakaat yang telah ia laksanakan, maka jika seseorang di antara kalian tidak tau lagi berapa rakaat yang telah ia laksanakan. Apakah sudah tiga  rakaat atau bahkan sudah empat rakaat, maka hendaknya dia sujud, dengan dua kali sujud dalam keadaan duduk.”

Inilah hadits yang akan kita bahas, adapun tiga hadis setelahnya, kita akan tunda insyaallah hingga sampai pertemuan yang akan datang. Apatah lagi ada perbedaan antara hadits yang pertama ini dengan tiga hadits yang setelahnya. Hadits yang pertama ini adalah حديث قولي “hadits tentang sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam” adapun tiga hadits setelahnya adalah حديث فعلي “praktik langsung Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam sujud sahwi.” Atau bagaimana cara  Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melakukan sujud sahwi.

Hadits ini sudah pernah kita bahas sebagiannya dalam pembahasan Kitaabul Adzaan, yaitu hadits nomor dua ratus enam belas. Yang merupakan Hadits yang ke empat dalam Kitaabus Shalah. Namun diulangi lagi dalam bab ini karena ada tambahan lafadz yang tidak disebutkan dalam pembahasan yang lalu.

Hadits ini membahas tentang sujud sahwi. Dan sujud yang dikenal, ada sujud dalam shalat, yang merupakan tempat yang paling afdhal di dalam shalat yang dianjurkan untuk memperbanyak doa. dan ada sujud yang berhubungan juga dengan shalat, namun disebabkan sesuatu yang terjadi dalam shalat kita yaitu ketika kita lupa pada shalat kita, entah tambah rakaat atau kurang rakaat atau mungkin ragu-ragu terhadap sebagian yang telah kita lakukan. Sujud sahwi adalah sujud karena lupa yang dilakukan hanya ketika ada yang terlupa dalam shalat kita dan tidak dilakukan jika tidak melakukan shalat. Dan ada pula sujud yang mungkin dilakukan ketika kita shalat dan mungkin juga di luar shalat yaitu sujud tilawah. Jadi sujud tilawah bisa saja dikerjakan pada waktu shalat. Jika kita atau imam membaca ayat-ayat sajadah maka dianjurkan untuk sujud. Juga penting untuk kita lakukan di luar shalat pada saat kita sedang mengaji pada mushaf lalu membaca ayat-ayat sajadah yang jumlahnya lima belas menurut pendapat kebanyakan ulama kita dan sebagian dari mereka mengatakan empat belas. Pada saat kita membaca ayat sajadah tersebut, kita dianjurkan untuk sujud walaupun kita tidak melakukan shalat.

Ada sujud yang dikerjakan ketika di luar shalat dan dia tidak ada kaitannya dengan shalat yaitu sujud syukur. Dia dikerjakan ketika kita di luar shalat, ketika mendapatkan nikmat yang begitu besar. Misalnya ada seseorang yang mendapatkan berita gembira, yang sebelumnya tidak pernah ia rencanakan bahwa tahun ini dia bisa pergi haji. Maka  itu adalah saat yang tepat untuk dia sujud syukur karena ini merupakan nikmat yang sangat besar. Sujud syukur ini dilakukan di luar shalat. Dan sekali lagi, dia tidak ada hubungannya dengan shalat. Karena ada sebagian orang yang setiap selesai shalat dia sujud, ketika  ditanya, dia mengatakan, “Sujud syukur alhamdulillah saya bisa selesai shalat” dan dia melakukannya secara rutin. Ini tidak dicontohkan. Seandainya itu bagus, mungkin para salaf telah mencontohkan kepada kita, karena mereka orang yang paling tahu tentang bagaimana cara bersyukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan semua orang tahu nikmat shalat adalah taufik dari Allah Subhanahu wa Ta’ala yang sangat besar. Tapi tidak dicontohkan untuk bersujud setiap selesai shalat.

Dalam hadits ini Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

 إِذَا نُودِيَ بِالصَّلاَةِ أَدْبَرَ الشَّيْطَانُ

“Kalau adzan dikumandangkan maka larilah setan.”

Kenapa setan lari? Sebagian ulama kita mengatakan, Karena kalimat-kalimat adzan, di dalamnya ada kalimat tauhid dan ini yang dihindari oleh setan. Agar tidak menjadi saksi bagi dia di hari kiamat kelak.” Hadits ini menjelaskan kepada kita bahwa setan paling tidak suka dengan adzan, dia lari ketika ada panggilan shalat. Dan shalat adalah ibadah yang paling utama, apatah lagi di dalamnya ada perintah sujud, yang merupakan sebab yang paling utama yang membuat setan terusir dari surga, karena tidak mau sujud kepada Allah Subhanah wa Ta’ala. Oleh karenanya setan itu walaupun karjanya adalah selalu menghalangi kita berbuat kebaikan-kebaikan, namun kebaikan yang paling diupayakan oleh setan agar terhalang dari kita setelah syahadat adalah shalat.  Setan tidak mau sujud ketika Allah Subhanahu wa Ta’ala perintahkan, walaupun sujud pada waktu itu ditujukan kepada Adam ‘Alaihissalam. Karena ini adalah peritah Allah lalu dia membangkang maka dia diusir dari Surga.

Oleh karenanya kata Imam Ahmad dan Ishak bin Rahoya, Yang lebih lagi kalau saja Iblis tidak mau sujud kepada Adam, sedangkan perintah itu dari Allah menyebabkan dia diusir dari surga, maka bagaimana dengan seorang mukmin yang diperintahkan untuk sujud kepada Allah dan bukan satu kali diperintahkan, selalu diingatkan dan diingatkan namun tidak mau sujud kepada Allah. Sangat dikhawatirkan nasibnya akan sama dengan Iblis, tidak akan mendapatkan surga Allah.” Oleh karena itu setan berupaya agar bisa mengumpulkan pengikut sebanyak-banyaknya untuk bergabung dengannya di neraka jahannam. Dan di antara upaya yang paling utama adalah bagaimana menghalangi manusia dari sujud kepada Allah.

Setan akan lari sampai akan terdengar suara kentut darinya. Dalam hadits desebutkan,

 حَتَّى لاَ يَسْمَعَ الأَذَانَ

“Hingga dia tidak mendengar adzan”

Ada dua pengertian atau dua yang dipahami oleh ulama kita dari makna tersebut. Pertama, bahwa setan mengeluarkan suara kentut yang keras agar bisa menandingi suara adzan yang dikumandangkan sehingga dia tidak akan mendengarnya dan mungkin ada sebagian orang yang ada di sekitar masjid tidak mendengarkan Adzan. Kadang-kadang juga ada orang yang kita lihat yang pendengarannya mungkin masih sangat jelas, tapi kalau adzan dikumandangkan seakan-akan dia tidak mendengarkannya walaupun suara itu dekat, apatah lagi kalau dia sedang tidur, makanya kata Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam,

 بال الشيطان في أذنيه

“Setan telah kentut di telinganya (orang-orang yang tidak mendengarkan ucapan adzan).”

Kedua, bahwa setan sembari kentut dia akan lari sejauh-jauhnya sampai di jarak yang dia tidak mendengarkan adzan tersebut. Kata ulama kita kalau dulu di zaman Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Slallam dia akan lari puluhan mil ke Rauha’ (sebuah tempat yang cukup jauh dari Masjid Nabawi) sehingga tidak mendengarkan adzan. Rauha’ adalah tempat yang disyariatkan oleh Utsman bin Affan untuk adzan Jumat, mengingatkan orang untuk siap-siap sebelum waktu shalat Jumat masuk. Makanya jika ada orang yang tidak suka dengan adzan atau jika ada adzan dia lari padahal tadi dia ada di masjid atau di sekitar masjid, maka dikhawatirkan ini adalah model-model setan, wal ‘iyadzu billah.

Kemudian dalam hadits ini disebutkan,

فَإِذَا قُضِيَ ْالأَذَانُ أَقْبَلَ

Kalau selesai adzan setan datang lagi.”

Lihatlah bagaimana setan ini memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Dia upayakan seefisen mungkin untuk memanfaatkan waktu dalam menggoda manusia. Padahal nanti  kalau iqamat dia lari lagi, tapi dia tidak berfikir sebagaimana pikiran sebagian orang, yang mungkin mereka bilang, ”Daripada pulang balik kalau iqamat lari lagi, sekalian saja saya  datang kalau sudah mulai shalat untuk menganggu.” Namun tidak, dia memanfaatkan setiap kesempatan untuk menggoda manusia. Dan seharusnya kita lebih baik lagi daripada setan dalam memanfaatkan waktu dengan memanfaatkan setiap waktu sekecil apapun selama itu memungkinkan untuk melakukan kebaikan.

Begitu selesai adzan dikumandangkan ada jeda antara adzan dan iqamat, kita mau shalat sunnah, kita mau berdoa atau paling tidak berdzikir sambil menunggu iqamat dikumandangkan, inipun dimanfaatkan oleh setan untuk mengganggu. Makanya boleh jadi ada  di antara kita yang antara adzan dan iqamat juga tidak memanfaatkan waktunya, tidak dengan shalat sunnah, tidak dengan berdoa, tidak juga dengan berdzikir atau dengan hal-hal yang bermanfaat lainnya.

Ketika sudah iqamat setan akan lari lagi, dan ini menunjukkan bahwa memang hukum antara adzan dan iqamat banyak kesamaannya. Begitu selesai iqamat dan mulai shalat setan akan datang lagi. Sebagian manusia tidak bisa digoda oleh setan untuk tidak shalat, seperti kita yang Alhamdulillah mendapatkan taufik dan hidayah dari Allah untuk bisa shalat, namun tetap saja kita masih menjadi mangsa dan sasaran setan. Setan akan datang lagi, dia tidak akan menghalangi kita untuk shalat, tapi dia berupaya untuk menghilangkan khusyuk kita. Dan cara yang paling utama adalah mendatangkan kepada kita beberapa memori yang sempat terlupakan atau sesuatu yang tidak pernah direncanakan sebelumnya. Jangankan yang memang sudah pernah kita mau ingat-ingat namun kita lupa, bahkan sesuatu yang belum pernah terbetik dalam hatipun, semuanya akan dimunculkan oleh setan. Maka setan datang dengan beberapa tawaran, mungkin dia membuat kita mengatur agenda-agenda kita setelah shalat pada saat  kita shalat. Misalnya setelah shalat, kita ke sana dulu mungkin ketemu si fulan dan seterusnya.

Sampai dalam hadis ini disebutkan bahwa setan akan mengatakan,

اذْكُرْ كَذَا وَكَذَا، مَا لَمْ يَكُنْ يَذْكُرُ

“Ingat  ini dan ingat itu. Apa yang sebelumnya dia tidak pernah mengingatnya.”

Setan akan mengingatkan dengan sesuatu yang kita tidak ingat, makanya tidak berlebihan kalau sebagian ulama kita mengatakan, “Jika Anda lupa dengan sesuatu maka shalatlah, Anda akan mengingatnya dalam shalat Anda” Allahul musta’an.

Di antara musibahnya atau bahayanya, ketika setan sudah mengganggu kita, hal yang tidak semestinya kita ingat pada waktu shalat kita akan ingat dan hal yang seharusnya kita konsentrasi dan mengingatnya dengan baik justru terlupakan. Di antaranya adalah berapa rakaat yang telah kita lakukan, apakah empat atau baru tiga. Maka di sinilah Islam datang dengan solusi, Allah Mahatahu kelemahan hamba-hamba-Nya, maka Allah mensyariatkan lewat lisan Nabi-Nya Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam apa yang dinamakan dengan sujud sahwi.

Tentang sujud sahwi ini ulama sepakat bahwa ia dilakukan sebanyak dua kali sujud dan diantarai dengan duduk dan diakhiri dengan salam. Dan ulama berbeda pendapat, apakah yang dibaca dalam sujud tersebut dan apakah dilakukan sebelum salam atau sesudah salam. Adapun Imam Abu Hanifah mengatakan bahwa sujud sahwi ini dilakukan sesudah salam tanpa melihat apa sebabnya dia sampai lupa. Adapun Imam Syafi’i kebalikannya beliau mengatakan, bahwa sujud sahwi ini dilakukan sebelum salam tanpa melihat apa pun sebabnya dia sampai lupa. Adapun Imam Malik mengatakan sujud sahwi ini dilakukan sebelum salam jika kurang dan setelah salam jika lebih. Imam Ahmad mengatakan sujud sahwi ini dilakukan sebelum salam semuanya kecuali ada dalil khusus yang mencontohkan dilakukan setelah salam. Sebagaimana yang pernah terjadi pada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Lalu bagaimana rinciannya? Inilah yang akan kita bahas dalam pembahasan yang akan datang Insya Allah.

Ditranskripsi oleh Muhammad Idul Fitran, Mahasiswa STIBA Prodi Perbandingan Mazhab dan Hukum/Semester 3.

 

 

Loading

1 thought on “Penjelasan Hadits ke-334 Kitab al-Lu’lu wa al-Marjan

Tinggalkan Balasan