Screenshot_2015-10-16-17-06-47-1

Taklim sakan adalah program rutin Asrama Putri STIBA Makassar yang dilaksanakan setiap akhir semester oleh Pengurus Asrama Putri, bertujuan menambah tsaqafah dan ruhiyah bagi para penghuni asrama putri. Hanya saja kegiatan taklim sakan pada semester ini tertunda dan baru terlaksana pada awal semester baru yaitu pada Sabtu, 28 Dzulhijjah 1436 H, bertepatan dengan 12 September 2015 di Aula Kampus STIBA Makassar. Kali ini mengusung tema “Belajar Bersama, Istiqamah di jalan Dakwah Demi Meraih Kesuksesan Haqiqi”.

Kegiatan berlangsung dari pukul  08.30 sd 12.30, diawali  pembacaan ayat suci al-Qur’an, kemudian sambutan oleh Ketua Asrama, Kasub Keasramaan dan Kepala Bagian Keputrian. Dalam sambutannya Kepala Bagian Keputrian banyak mengingatkan tujuan menuntut ilmu dan hakikat seorang faqih. Tak lupa juga beliau menekankan akan pentingnya pengamalan dari ilmu yang telah didapatkan, di antaranya bisa terlihat dari ketaatan dan kedisiplinan terhadap aturan-aturan yang ada. Hal ini sejalan dengan kondisi peserta selaku penghuni asrama yang tinggal berjamaah, menuntut mereka untuk senantiasa menjalankan kewajiban dan aturan-aturan yang telah ditetapkan khususnya di asrama.

Selanjutnya penyampaian materi oleh Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan, al-Ustadz M. Taufan Djafri, Lc., M.H.I  hafizhahullah. Di antara nasihat yang beliau sampaikan adalah bagaimana ilmu ini bisa melahirkan khasyyah kita kepada Rabb Jalla wa ’Alaa. “Ilmu bukan sekadar ucapan, tulisan dan perbuatan tapi ilmu adalah karakter dan watak yang mendekatkan diri kepada Allah. Ilmu adalah jalan yang seharusnya menjadikan kita takut akan siksaan Allah dan rindu kepada surga-Nya serta menjadi hamba yang senantiasa zuhud terhadap dunia,” tegasnya.

Beliau mengajak peserta untuk merenung dan muhasabah akan niat dan tujuan menimba ilmu dan menyadari akan kebutuhan terhadap ilmu, mengutip perkataan Imam Ahmad Rahimahullah ”Sesungguhnya kebutuhan manusia terhadap ilmu jauh lebih besar dari pada kebutuhannya terhadap makanan dan minuman”.

Peserta juga diajak untuk melihat perjuangan, pengorbanan, serta penderitaan para salaf dalam menuntut ilmu sebagai bagian dari proses tarbiyah dan tazkiyah,  menguatkan diri melalui ibadah dan senantiasa takut kepada Allah. Di akhir materinya beliau mengingatkan kepada peserta selaku thalibah al-ilmi al-syar’iy agar menjauhi perkara-perkara yang menghinakan baik berupa kelalaian maupun berbagai bentuk maksiat yang banyak menimpa pemuda muslim dewasa ini. Seyogyanya materi ditutup dengan tanya jawab namun karena waktu yang terbatas pertanyaan-pertanyaan dari peserta belum bisa terjawab.

 

Ada yang berbeda pada suasana taklim sakan kali ini, jika kepengurusan yang lalu taklim sakan sering dirangkaikan dengan lomba kreativitas para penghuni asrama maka kali ini taklim sakan dirangkaikan dengan pemilihan penghuni asrama dan ketua kamar teladan dan tim work teladan serta bidang keasramaan terkompak, juga pengumuman hasil lomba-lomba yang dilaksanakan oleh seluruh unit keasramaan yang dilaksanakan sebelumnya. Hal ini diharapkan bisa menjadi motivasi untuk kepengurusan selanjutnya. Penyerahan bingkisan bagi para pemenang yang terpilih dan persembahan dari pengurus asrama putri STIBA  Makassar menjadi rangkaian akhir acara taklim sakan kali ini . (nl)

Screenshot_2015-10-16-17-17-19-1

Loading

Tinggalkan Balasan