2015-10-19_0733121

Penyuluhan kesehatan adalah salah satu program Bidang Kesehatan Pengurus Asrama Putri STIBA Makassar yang dilaksanakan satu kali dalam periode kepengurusan. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada penghuni asrama akan pentingnya kesehatan untuk diri sendiri, orang lain dan lingkungan serta mengenal faktor dan  jenis penyakit yang kerap diderita oleh penghuni asrama. Di samping itu, kegiatan ini memberikan  pengetahuan tentang  manfaat hidup sehat yang harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam kondisi kehidupan bersama yang memiliki banyak peluang untuk tersebarnya penyakit.

Kegiatan yang dilaksanakan  Sabtu sore, 06 Dzulhijjah 1436 H /19 September 2015 di Aula kampus putri STIBA Makassar ini diikuti 310 penghuni asrama putri, serta melibatkan 21 orang  anggota tim bidang kesehatan sebagai panitia. Meskipun kegiatan ini berlangsung cukup singkat, kondisi ini tidak mengurangi antusias dan semangat para peserta khususnya panitia kegiatan untuk melangsungkan acara hingga diakhiri dengan pembagian buah, bubur penambah gizi, parsel, serta brosur kesehatan.

Pada sesi inti kegiatan ini menghadirkan dua orang  pemateri, yakni dr. Faridah dan dr. Feby Dwinanda. Kedua pemateri mengupas banyak masalah kesehatan dan  kebersihan lingkungan yang umumnya dialami banyak orang khususnya dalam hidup bersama seperti di asrama atau pondok pesantren, seperti sampah yang berserakan, air limbah yang tidak mengalir sehingga menjadi sarang nyamuk, bak mandi jarang dikuras, saluran air mandi tersumbat oleh sampah, dll.

Penyuluhan kesehatan yang  mengusung tema “Mulailah Hidup Sehat dengan 3U (Untuk diri sendiri, Untuk orang  lain & Untuk lingkungan)” ini, diharapkan bisa membantu membangun kesadaran dan mewujudkan kepedulian para mahasiswi penghuni asrama khususnya dalam menciptakan kerapihan, kebersihan, keselarasan, demi menjaga kesehatan jasmani maupun rohani para penghuni asrama baik di dalam maupun  lingkungan sekitar asrama.

Bukan hanya materi yang didapatkan oleh peserta, tapi dokter juga memberikan beberapa tips dalam menjaga kesehatan diri, seperti cara mencuci tangan dan memotong kuku dengan benar, tips merawat rambut, dll.

Di akhir acara beberapa peserta berkesempatan memberikan pertanyaan dan sharing kesehatan, tak ketinggalan juga panitia menyelingi kegiatan ini dengan paket. Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan lancar, semoga memberi pencerahan kepada para mahasiswi penghuni asrama khususnya bagi tim bidang kesehatan Asrama Putri terhadap peningkatan dan pelayanan kesehatan penghuni asrama. (nh)

Loading

Tinggalkan Balasan