(STIBA.ac.id) Makkah –  Sejumlah alumni STIBA Makassar yang sedang menimba ilmu di Arab Saudi bersama mahasiswa lainnya asal Indonesia menggelar temu tokoh dan seminar internasional, Jumat (16/08/2019).

Pertemuan tokoh ini merupakan pengujung dari Program Pesantren Haji yang diadakan oleh Markaz Inayah untuk tahun ini (1440 H). Kegiatan ini berlangsung kurang lebih 30 hari.  

Ustaz Rustam Koly Lc., M.A., kandidat doktor di Universitas Islam Madinah dan pernah mengenyam pendidikan di STIBA Makassar ini mengatakan bahwa program pesantren haji telah berlangsung selama delapan tahun dan telah banyak memberikan bimbingan dan konsultasi kepada jutaan jamaah haji.

“Tahun ini kami menargetkan bisa memberikan manfaat kepada seratus ribu jamaah haji dan ternyata target tersebut terlampaui,” tutur Ustaz Rustam selaku penanggung jawab pesantren haji.

Ia juga mengatakan bahwa pada tahun ini pihaknya menerjunkan sekitar 40 dai asal Indonesia dari berbagai universitas di Arab Saudi. Tugas mereka adalah untuk berdakwah kepada para jamaah haji sebagaimana Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dahulu memanfaatkan momen haji ini untuk berdakwah.

Acara dilanjutkan dengan mendengarkan pemaparan materi dari tiga orang narasumber seminar. Seminar ini dipandu oleh Ustaz Muhammad Bashran Lc. M.A. Kandidat doktor Universitas Islam Madinah yang menyelesaikan hafalan al-Qur’annya ketika masih di STIBA Makassar ini didaulat sebagai moderator dialog dan seminar Internasional.

Tiga tokoh yang menjadi narasumber seminar Internasional dan dialog berjudul “Haji dan Kebhinekaan” ini adalah Dr. Ali Masnun M.A. (dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), H. Suryani S.Ag., M.Ag. (Ketua Kemenag Tulungagung), dan H. Ridwan Hamidi Lc., M.Pi., M.A. (Ketua MIUMI DI Yogyakarta).

Acara ditutup dengan pemberian penghargaan kepada para musyrif dan dai Pesantren Haji oleh Syekh Adam Abu Ilyas selaku Direktur Indonesian Community Care Center Naseem Riyadh.

 

Reporter: H. Yoshi Putra Pratama S.H. (Alumni STIBA Makassar, mahasiswa UIM KSA)

Loading

Tinggalkan Balasan