(STIBA.ac.id) Makassar –  STIBA Makassar menerima kunjungan lima orang tamu asal Arab Saudi, mereka adalah Syekh Shalah az-Zayyat (dosen hadis di Universitas Amir Sattam bin Abdul Aziz Kharj), Syekh Majid Az-Zamil (dosen hadis di Universitas Imam Abdurrahman bin Faishal, Dammam), Syekh Abdurrahman al-‘Uqail (dosen syariah di Universitas Imam Abdurrahman bin Faishal), Syekh Abdullah bin Salim al-Harbi, dan Syekh Fahd.

Di samping mengisi pengajian di beberapa lokasi berbeda, para syekh juga mengadakan lomba pidato bahasa Arab untuk mahasiswa STIBA Makassar. Lomba pidato yang dilakukan di masjid Anas bin Malik STIBA Makassar tersebut berjudul   “مسابقة في فن الخطابة باللغة العربية” (Kompetisi Seni Pidato dalam Bahasa Arab). Lomba ini memperebutkan total hadiah jutaan rupiah.

“Musabaqah ini bertujuan untuk membangkitkan kecintaan dan semangat mahasiswa untuk mendalami bahasa Arab. Di samping juga untuk melatih keterampilan berpidato mahasiswa sebagai bekal utama nanti dalam berdakwah,” ujar Ustaz Sirajuddin Qasim, Kepala Pusat Pengembangan dan Pengawasan Bahasa (P3B).

Ia menambahkan, melalui lomba ini, bagaimana penilaian para syekh dari Saudi Arabia sebagai penutur asli Bahasa Arab terhadap potensi bahasa Arab mahasiswa STIBA bisa diketahui.

“Dan alhamdulillah, mereka merasa takjub dengan penampilan-penampilan para mahasiswa. Makanya mereka sendiri yang menyiapkan dan memberikan hadiah kepada para pemenang,” tuturnya.

Unit Kegiatan Khusus (UKK) Pusat Pengembangan dan Pengawasan Bahasa (P3B) sebagai pelaksana  membagi lomba pidato tersebut menjadi dua sesi.

Sesi pertama adalah sesi penyisihan yang dilaksanakan pada hari Rabu-Jumat, (01-03/01/2020). Bertindak selaku dewan juri adalah Ustadz Sirajuddin Qasim, Lc. dan Ustaz Abdul Munawwir, Lc. Babak ini diikuti 34 peserta dari kalangan mahasiswa STIBA Makassar berbagai angkatan.

Sebanyak 18 orang berhasil lolos ke babak final. Di babak ini, bertindak sebagai dewan juri adalah lima orang syekh.  Babak final ini berlangsung Sabtu, (04/01/2020).

Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema)  STIBA Makassar, Zulfikar Alim Said, mahasiswa semester empat berhasil menduduki posisi pertama, selanjutnya disusul Andi Muhammad Nur Atma, Khairul Ahmad, dan Muh. Al Ghaffar di posisi kedua dan terakhir di posisi ketiga Sulistyo Abdurrahman.

Reporter : Dandi Saputra

Foto: Bukhari

Loading

Tinggalkan Balasan