(STIBA.ac.id) Makassar –  Pengurus Departemen Kesehatan, Olahraga, dan Lingkungan Hidup DPP Wahdah Islamiyah dr. Rudianto Joto, M.Kes. mengatakan bahwa sekitar setengah dari total kasus orang yang terjangkit virus Corona secara global telah dinyatakan sembuh. Laporan terakhir tentang virus Corona (05/03/2020) secara global telah mencapai sekitar 93.000 kasus orang yang terjangkiti virus Corona, dan yang paling tinggi adalah di Cina sekitar 80.000 kasus.

“Ini penting untuk kita ketahui, dalam kasus yang ada secara global sudah sekitar 50% yang sembuh,” ujar dr. Rudi yang menjelaskan bahwa berita tentang kesembuhan ini belum terekspos secara luas.

Hal ini disampaikan oleh dr. Rudianto pada saat mengadakan Sosialisasi Virus Corona (Covid-19) yang dilaksanakan di Masjid Anas bin Malik STIBA Makassar usai salat Zhuhur, Kamis (05/03/2020). Sosialisasi ini dihadiri oleh mahasiswa, dosen, dan pengelola STIBA Makassar.

Untuk menyembuhkan orang yang terjangkiti virus Corona bukan dengan cara membunuh virusnya, akan tetapi dengan membantu meningkatkan sistem imun tubuh untuk melawan virus Corona tersebut.

“Virus Corona memang belum ada atau belum ditemukan vaksinnya. Namun di dalam tubuh kita sudah terdapat sistem imun tubuh yang bertugas untuk melawan benda-benda atau makhluk-makhluk asing yang datang dari luar. Nah, ini yang kita bantu tingkatkan untuk melawan virus Corona ini,” jelasnya.

Dokter Rudi juga menjelaskan bahwa sudah terjadi di Indonesia, sebanyak dua kasus di Jawa. Untuk di Makassar sendiri sempat 44 orang dicurigai terjangkit virus Corona. Lima di antaranya diawasi secara khusus. Setelah diperiksa lebih lanjut,  ternyata hasilnya semuanya negatif.

Oleh karena itu untuk kewaspadaan, dr. Rudi menjelaskan tentang langkah-langkah yang tepat dalam pencegahan menularnya virus Corona ini, di antaranya adalah sering mencuci tangan dengan air mengalir dan lebih bagus menggunakan sabun. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum di cuci. Sebisa mungkin hindari kontak dengan orang yang sedang sakit. Menggunakan masker medis bagi yang sedang menderita flu dan batuk, dan menutup mulut ketika batuk dan bersin.

“Sebenarnya kalau kita ber-PHBS itu sudah aman insya Allah. PHBS itu adalah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, yaitu cuci tangan, tidak menyentuh makanan sebelum cuci tangan, gunakan masker bila bepergian dan sebagainya” tutup dr. Rudi.

Reporter: Shiddiq Abdullah

Foto: Putra Alam

Loading

Tinggalkan Balasan