(STIBA.ac.id) Makassar –  Bagian Pemberdayaan Alumni sukses mengadakan Upgrading Pengurus Ikatan Alumni STIBA Makassar. Acara yang berlangsung di Gedung LAN, Ahad (01/03/2020) ini dihadiri oleh para pengurus IKA STIBA putra dan putri.

Dalam upgrading ini, peserta disuguhkan beberapa materi, di antaranya adalah manajemen keuangan oleh Ridha Rahman, manajemen organisasi dan kepemimpinan oleh Andi Irwanto, dan materi terakhir yaitu peran alumni dalam peningkatan akreditasi STIBA oleh Ihwan Wahid Minu.

Menurut Ihwan, setidaknya alumni memiliki tiga peran, yaitu sebagai katalisator atau penghubung. Alumni sebagai penghubung atau memberikan perwajahan bagaimana STIBA ke masyarakat luar. Banyaknya peminat STIBA tergantung bagaimana perwajahan alumni di lingkungan masyarakat.

Peran kedua yang disebutkan oleh  Kepala Audit Mutu STIBA ini adalah sebagai kontributor. Perlu diperbaiki dokumentasi pencapaian para alumni untuk dijadikan bukti fisik pada penilaian akreditasi.

Dan yang ketiga adalah sebagai iron stock, yaitu penyedia calon pemimpin. Situasi kerja, bekerja sesuai dengan disiplin ilmunya. Tugas alumni adalah menyampaikan informasi kerja untuk calon alumni yang punya poin dan cocok untuk disiplin ilmunya.

Terkait akreditasi, maka poin alumni yang akan dinilai menurut Ihwan adalah tracer study, disiplin ilmu, dan penyerapan ilmu.

Setelah pemaparan ketiga pemateri, acara dilanjutkan dengan sidang pengurus yang dipimpin oleh Kepala Pemberdayaan Alumni Imran Yunus, Lc. dan Ketua Ikatan Alumni STIBA Makassar Marli Abdul Hamid, S.H.

Tinggalkan Balasan