(STIBA.ac.id) Makassar – Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STIBA Makassar mengadakan kegiatan Webinar Nasional yang bertajuk “Penguatan Literasi untuk Mengabdi dan Mengabadi”, Ahad (06/09/2020). Kegiatan yang berlangsung secara daring melalui media Zoom tersebut mampu menarik perhatian 230 orang peserta.

Pada kegiatan tersebut, P3M STIBA Makassar menghadirkan dua narasumber nasional yang pakar dalam dunia literasi Islam, yakni Dr. Nirwan Syafrin Manurung dan Dr. Muhammad Ihsan Zainuddin.

Keduanya dikenal melalui karya ilmiahnya, baik berupa buku, artikel, hingga diskusi ilmiah bergenre islamic studies yang menyoal pada pemikiran Islam kontemporer.

Kehadiran buku dan artikel ilmiah dari para narasumber tentunya bertujuan untuk meretas persoalan umat dan bangsa di era post truth hari ini.

Untuk itu, Webinar Nasional ini dimaksudkan untuk memberikan stimulasi dakwah bi al-qalam (melalui pena atau tulisan) para aktivis dakwah, juga menyosialisasikan keberadaan Penerbit STIBA Publishing nantinya.

Dr. Khaerul Akbar selaku moderator pada kegiatan ini mengawali kegiatan webinar dengan menyapa para peserta, menarasikan maksud kegiatan, hingga pada agenda launching Penerbit STIBA Publishing di penghujung acara, kemudian dilanjutkan dengan memperkenalkan profil singkat kedua narasumber.

Dr. Nirwan Syafrin Manurung yang merupakan Doktor bidang pemikiran Islam lulusan ISTAC-IIUM dan peneliti INSISTS ini bertindak sebagai pemateri pertama. Tema yang disampaikan ialah “Mengasah Pena Aktivis Dakwah”.

Dalam narasinya, ia memaparkan akan urgensi literasi Islam bagi aktivis dakwah guna meretas kelatahan umat hari ini akibat arus globalisasi.

Di awal pemaparannya, ia juga menerangkan data akan lemahnya “daya baca”, bukan “minat baca” kaum muslimin Indonesia dibandingkan penduduk dunia hari ini. Fakta akan produktivitas umat Islam di masa silam dalam berliterasi juga ia paparkan dengan menampilkan data kuantitas karya yang dihasilkan oleh ulama rabbani di tengah keterbatasannya. Mulai dari Imam Syafi’i, Ibnu Taimiyyah, Ibnu Qayyim al-Jauziyyah, dan ulama lainnya.

Di penghujung pemaparannya, ia memotivasi para peserta webinar agar menggalakkan “daya baca, bukan minat baca” di era post truth, alih-alih di era bertebarannya para kaum “Islamic Phobia”, hingga makar LGBT di media sosial hari ini. Tujuannya agar para aktivis dakwah dapat meng-counter arus pemikiran “sepilis” dan menyimpang hari ini.

Dr. Muhammad Ihsan Zainuddin yang bertindak sebagai pemateri kedua adalah doktor di bidang syariah sekaligus sebagai dosen STIBA Makassar.

Ustaz Ihsan dikenal sebagai penulis buku, juga peneliti yang fokus pada kajian fikih dan sejarah peradaban Islam, serta konstektualisasinya di tengah permasalahan keumatan hari ini. Ia menyajikan materi dengan tema “Tradisi Ulama Menulis Karya Ilmiah”.

Dalam narasinya, ia mengawali bahwa literasi Islam bermula dari Alquran pada surah al-‘Alaq, dan dikembangkan pada upaya menegakkan jihad ilmu, memburu impian surga, hingga meninggalkan rekam jejak kesalihan, atau “h-index diri” dalam dunia jurnal atau publikasi ilmiah.

Selanjutnya, Ustaz Ihsan yang juga merupakan alumni Universitas Islam Madinah Saudi Arabia ini menampilkan “uswah hasanah” atau teladan yang baik dalam literasi Islam dengan menyebutkan beberapa ulama besar di masa silam.

Di akhir pemaparannya, ditegaskannya bahwa literator sejati ialah pribadi yang menggunakan dan menikmati waktu malamnya dengan menuangkan kegelisahan hati pada pena dan tulisannya dalam dakwah Islam, dan beliau menyitirnya dari ungkapan al-Shafadi rahimahullah.

Di penghujung acara, Amirullah selaku MC kegiatan ini mempersilakan Ketua STIBA Makassar, Dr. Ahmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A. untuk memberikan sambutan sekaligus meresmikan Penerbit STIBA Publishing.

Dalam sambutannya, Ustaz Ahmad memperkenalkan keempat jurnal ilmiah yang dimiliki oleh STIBA Makassar.

Pada akhir sambutannya, beliau secara terbuka mengharapkan agar para peserta webinar dapat berpartisipasi dan berkontribusi nyata dalam dunia literasi.

Senada dengannya, setelah sambutan beliau, Dr. Khaerul Akbar selaku kepala P3M STIBA Makassar membacakan surat keputusan pendirian Penerbit “STIBA Publishing” yang telah ditandatangani oleh Ketua STIBA Makassar.

Reporter: Aswar

Loading

Tinggalkan Balasan