Kuliah Penutup TA. 1420-1421/2019-2020
(Ilustrasi) Foto Kuliah Penutup TA. 1420-1421 H/2019-2020 M

(STIBA.ac.id) Makassar – Di tengah melonjaknya jumlah kasus positif Covid-19 di tanah air khususnya Kota Makassar, Ketua STIBA Makassar menyatakan komitmennya untuk tetap melaksanakan aktivitasnya.  Baik dosen maupun tenaga kependidikan di seluruh unit kerja yang ada akan tetap melaksanakan program kerja dengan segala keterbatasan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Hal ini disampaikan oleh Ustaz Ahmad Hanafi, Lc., M.A., Ph.D. saat menyampaikan arahan dalam Kuliah Penutup yang menandai berakhirnya aktivitas perkuliahan Semester Ganjil TA. 1441—1442 H/2020-2021 M, Sabtu (9/1/2021).

“Kita sudah canangkan dalam kondisi apapun kita harus tetap survive. Kegiatan harus tetap berjalan sesuai yang diagendakan. Kita tidak akan mundur dan memberhentikan aktivitas yang dianggap strategis yang berkaitan dengan kegiatan akademik kita. Karena seorang muslim seharusnya dapat tetap beraktivitas dalam segala keadaan baik sulit maupun luang,” ujar Ustaz Ahmad.

Wakil Ketua Dewan Syariah WI ini mengutip hadis Nabis shallallahu ‘alaihi wasallam yang menjelaskan bahwa kondisi seorang muslim itu selalu bernilai kebaikan. Kalau ternyata sulit, maka dia dapat tetap bertahan dengan menggandakan kesabaran. Kalau kondisinya luang maka dia manfaatkan sebaik-baiknya dan memperbanyak kesyukuran kepada Allah.

Kepada para mahasiswa yang mengikuti Kuliah Penutup ini secara daring, Ketua STIBA mewasiatkan untuk mengamalkan ilmu yang telah mereka dapatkan dalam satu semester ini.

“Setelah tahapan ilmu adalah tahapan beramal. Ilmu ibarat pohon dan amal adalah buah dari pohon tersebut. Mudah-mudahan ilmu itu bisa melahirkan amalan sebagai pembuktian terhadap keimanan kita pada Allah,” katanya.

Di akhir arahannya, Ustaz Ahmad meminta kepada seluruh dosen, pengelola, dan mahasiswa untuk tidak bosan sehingga lengah dan lalai terhadap penjagaan dari Covid-19.  

“Maka mari antisipasi, jaga agar orang-orang dekat kita tidak terpapar. Kaidah yang digunakan adalah laa dharara walaa dhirar, dar’ul mafsadah muqaddam ‘ala jalbil mashlahah,” tutur Ustaz Ahmad.

Seperti biasa dalam setiap Kuliah Penutup, di akhir acara setiap wakil ketua menyampaikan arahan dan pengumuman-pengumuman terkait bidang masing-masing.

Wakil Ketua I diwakili oleh Ustaz Saifullah Anshar menyampaikan hal-hal terkait Bidang Akademik. Bidang Umum oleh Wakil Ketua II Ustaz Musriwan, Bidang III Bidang Kemahasiswaan oleh Ustaz Muhammad Taufan Djafri. Ustaz Ahmad Syaripudin selaku wakil ketua IV menyampaikan hal-hal terkait dengan Bidang Kerja Sama dan Pemberdayaan Alumni.

Loading

Tinggalkan Balasan