(STIBA.ac.id) Makassar – Sebagai bagian dari upaya menggapai kejayaan Islam, Biro Rumah Tangga Masjid (BRTM) Anas bin Malik kembali mengadakan Daurah 10 Hari Menghafal Al-Qur’an, Kamis 14 Januari 2021.

Sebelumnya kegiatan tersebut rencanya dilakukan secara tatap muka di Masjid Anas bin Malik. Namun karena kasus Covid-19 yang kian meningkat, akhirnya kegiatan tersebut dilakukan secara daring.

Diikuti oleh 42 peserta yang terdiri dari 40 mahasiswa STIBA dan dua orang dari kalangan masyarakat umum, kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua STIBA Makassar, Ustaz Dr. H. Ahmad Hanafi, Lc., M.A.

“Selamat buat Antum semua yang memiliki kesadaran untuk bergabung menjadi bagian dari saf ahlulqur’an. Tidak ada yang bisa membuat orang mendapatkan kemuliaan kecuali orang-orang yang dekat dan memiliki kedekatan dengan khusus dengan Al-Qur’an,” ujarnya.

Mengangkat tema “Menggapai Kejayaan Islam dengan Al-Qur’an”, kegitan itu juga menghadirkan Ustaz Yassir Massi, Lc. sebagai pemateri diacara pembukaan.

Ustaz Yassir menjelaskan pentingnya menjadikan sahabat sebagai panutan. Para sahabat terdahulu selalu mengisi waktu mereka dengan Al-Qur’an, dengan membaca dan mengkaji Al-Qur’an.

”Hal inilah panutan kita semua, bahwasanya tidak akan baik keadaan kita kecuali kita kembali kepada apa yang dilakukan umat terdahulu,” jelasnya.

Ustaz Yassir juga menjelaskan bahwasanya salah satu  penyebab runtuhnya Islam ini adalah karena perpecahan. Sebagaimana yang terjadi di era Abbasiah yang muncul firqah-firqah yang saling mengafirkan.

“Seandainya (mereka) kembali kepada Al-Qur’an, maka mereka tidak akan terpecah. Karena Al-Qur’an ini adalah faktor terbesar yang bisa mempersatukan kaum muslimin,” jelas Ustaz Yassir.

Penulis: Dandi Saputra

Tinggalkan Balasan